12 Makanan Penurun Kolesterol Jahat

VIVAnews – Tak semua kolesterol kita anggap musuh. Ada high density lipoprotein (HDL), jenis kolesterol yang justru bermanfaat bagi tubuh karena bekerja membersihkan dan melancarkan aliran darah.

Sedangkan yang harus kita perangi adalah low density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat yang dapat memicu penyumbatan dan memblokir aliran darah menuju otak.

Peningkatan kadar kolesterol jahat tersebut juga bisa terjadi akibat peningkatan trigliserida,salah satu lemak dalam darah yang bisa merusak arteri.

Selain melakukan tes darah secara berkala, perangi kolesterol jahat dengan konsumsi makanan tepat. Sejumlah makanan berikut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, seperti dikutip Huffington Post.

• Oat & Barley
Selain oatmeal, barley juga kaya serat yang mudah dicerna tubuh untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang terserap tubuh dari usus. Jenis makanan ini juga memiliki efek kenyang lebih lama, yang pada akhirnya membantu mempertahankan berat tubuh ideal.

• Ikan
Mengganti konsumsi daging dengan ikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ini lantaran daging mengandung lemak jenuh yang berperan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sedangkan ikan jenis tertentu, seperti salmon, sarden dan tuna kaya asam lemak omega 3, yang berperan menurunkan trigliserida.

• Kacang
Berdasar analisis data dari 25 studi tentang konsumsi kacang pada 2010, hampir semua jenis kacang berperan membandung menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Kita bisa memulai kebiasaan menaburkan kacang di atas makanan seperti salad, atau oatmeal.

• Minyak zaitun
Tak hanya membantu memerangi kolesterol jahat, kandungan nutrisi minyak zaitun juga berperan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

• Apel
Sebuah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat larut yang membantu menurunkan kolesterol jahat, atau sekitar 17 persen dari asupan yang direkomendasikan untuk menu harian. Artinya, konsumsi sebuah apel sehari dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

• Stroberi
Kaya kandungan pektin, sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah studi menemukan bahwa suplementasi jantung sehat dengan diet stroberi memiliki hasil sama dengan diet gandum untuk jantung sehat.

 

Sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/302823-12-makanan-penurun-kolesterol-jahat

Admin Isu Kepri

Read Previous

Masyarakat Respons Negatif Politik Uang

Read Next

Peluang Husnizar Berpasangan dengan Rudy Cukup Besar