Mendagri Tinjau Pelaksanaan e-KTP

BATAM, IsuKepri.Com — Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi meninjau pelaksanaan program e-KTP di Kecamatan Lubuk Baja  dan Kecamatan Batuampar, Batam, Jumat (1/6/2012). Turut mendampingi kunjungan Mendagri, Wakil Gubernur Kepri Suryo Respationo, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Suhajar Diantoro, Wakil Walikota Batam Rudi SE serta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam Sadri Khairuddin.

Dalam kegiatan peninjauan, Mendagri, Gamawan Fauzi yakin program e KTP di Kota Batam dapat selesai sesuai target. Jika dalam sehari petugas  bekerja selama sepuluh jam, maka rata-rata mampu merekam data 400 orang.

Saya yakin dan optimis Batam bisa. Ini hari pertama, baru berapa jam sudah terekam 30 orang. Kalau 3 menit 1 orang, maka per hari bisa 300 orang terekam dalam satu Kecamatan,” kata Gamawan.

Gamawan menjelaskan, dalam perekaman e-KTP, setiap Kecamatan nantinya akan didampingi tenaga pendamping dari Sucofindo. Hal ini untuk mempermudah dan membantu bila terjadi kerusakan teknis pada alat perekam.

Sementara itu, Wakil Walikota Batam, Rudi menyebutkan, penduduk Kota Batam yang telah didata melalui program KTP SIAK oleh Dinas Kependudukan dan Catatasan Sipil Kota Batam berjumlah 1.027.274 jiwa. Sedangkan yang wajib KTP dan direkam dalam program e KTP sebanyak 707.430 jiwa.

“Saya optimis proses perekaman e KTP di seluruh Kecamatan di Kota batam akan Rampung pada bulan Oktober tahun ini,” katanya.

Untuk peralatan rekam e KTP yang meliputi pindai sidik jari dan iris mata, saat ini sudah di pasang di dua kecamatn yakni Kecamatan Lubuk Baja dan Batuampar. Sedangakan untuk sepuluh Kecamatan lainnya tengah dalam proses pemasangan, ditargetkan bulan ini semua alat sudah terpasang di  seluruh Kecamatan. (eki)

iwan

Read Previous

Nipah ke Depan, Ekonomi Turut Jadi Andalan

Read Next

Bupati Bintan Serahkan Bus Sekolah untuk 7 Kecamatan