Campoes Ramadhan di Masjid Agung Selama Ramadhan

BATAM, IsuKepri.Com — Selama Ramadhan 1433 Hijriah tahun ini, Masjid Agung Batam Centre melaksanakan yang dikemas melalui Campoes Ramadhan. Dengan kegiatan meliputi kajian, ibadah, pelayanan hingga even yang diselenggarakan dalam bulan Ramadhan.

“Campoes Ramadhan dilaksanakan rutin setiap harinya, sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” kata salah seorang Pengurus Masjid Agung Batam, Abdul Razak Muhidin, Sabtu (21/7/2012).

Abdul Razak menjelaskan, kajian Campoes Ramadhan dilakukan melalui sejumlah kegiatan. Mulai dari kuliah Subuh, kultum Dzuhur, Madrasah Al Qur”‘an, kultum berbuka puasa, ceramah taraweh, kultum I”‘tikaf hingga talkshow Ramadhan.

Kuliah Subuh dilaksanakan setiap hari, setelah sholat Subuh berjamaah. Begitupun dengan kultum Dzuhur yang dilaksanakan usai sholat Dzuhur di ruang utama masjid.

Sedangkan Madrasah Al Qur”‘an dilaksanakan setiap usai sholat Ashar di ruang utama masjid. Hingga menjelang berbuka puasa yang dilanjutkan dengan Kultum Berbuka Puasa, bertempat di selasar masjid.

“Kegiatan ini terbuka bagi seluruh jamaah Masjid Agung yang akan dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama,” kata Razak.

Sementara untuk kegiatan ibadah, sama seperti di setiap Ramadhan, Masjid Agung juga melaksanakan tadarrus usai shalat taraweh. Serta I”‘tikaf sebulan penuh selama Ramadhan di ruang utama masjid.

Sedangkan bagi umat muslim yang hendak berzakat, infak dan shadaqoh, Masjid Agung Batam juga membuka ruang pelayanan. Melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Masjid Raya Batam yang terdapat di lantai dasar Masjid.

“Selama Ramadhan, Masjid Agung Batam juga menggelar bazar Ramadhan di halaman utama masjid,” imbuhnya.

Disamping itu, sejumlah even juga disiapkan untuk menyemarakkan kegiatan Ramadhan tahun ini. Mulai dari musabaqoh ramadhan, pesantren ramadhan, seminar/bedah buku, khataman akbar, peringatan Nuzulul Qur”‘an, kajian keluarga sakinah, kajian aisiyah, pesona kitab kuning hingga bimbingan lansia Husnul Hatimah. (eki)

iwan

Read Previous

Hari Pertama Puasa, Perekaman e-KTP Anjlok

Read Next

Kubah Bercorak Masjidil Haram di Masjid Al Kautsar