Pengaruh Alat Makan Terhadap Rasa

Culinary, IsuKepri.com – Makanan memang tidak akan terlepas dari kehidupan manusia dan memang selalu memancing selera. Oleh karna itu, kebanyakaan orang lebih fokus terhadap komposisi, penampilan dan nilai gizinya. Namun, kini ada fakta lain yang menyebutkan bahwa berat, warna, ukuran alat makan juga punya andil dalam bereaksi terhadap makanan !

” sudah tahunan kami menghabiskan waktu untuk meneliti hubungan antara rasa, warna, dan ukran alat makanan. Dan dapat kami simpulkan bahwa semua itu berhubungan. contohnya, popcorn akan terasa lebih asin ketika dimakan dari mangkuk warna biru dibanding yang diambil dari mangkuk merah ” ujar Seorang pakar psikologi dari Oxford University bernama Charles Spence.

Bahkan para responden dalam penelitiannya tersebut mengakui jika dessert strawberry yang dimakan dari piring warna putih terasa lebih manis dibanding dessert yang sama yang diletakkan di atas piring hitam.

Dalam penelitian ini, charles menggandeng Hesten Blumental salah seorang chef terkenal. Hesten menyimpulkan bahwa perbedaan warna memiliki peranan penting terhadap makanan dan ukuran alat makan yang berat akan membuat makanan lebih terasa nikmat. Hal ini diperkirakan terjadi karena orang sering menghubungkan berat dengan nilai sesuatu. (Edi)

suprapto

Read Previous

Tahun 2013, Anggaran Bidik Misi 1,64 Triliun

Read Next

AJI Sikapi Maraknya Pelanggaran Etika Media Online