Sabah-Malaysia Kembali Memanas, Tiga Kali Ledakan

IsuKepri.com – Sabah kembali berkecamuk, Jum”‘at lalu terjadi ledakan yang bersumber dari tentara Malaysia. Ledakan tersebut terjadi dalam upaya memaksa keluar para milisil Sultan Sulu yang beberapa hari telah merangsek masuk ke Sabah.

Ledakan itu terjaid sekitar pukukl 13.30 waktu setempat. Ledakan yang tedengar tiga kali itu mengejutkan para warga setempat.

“Penyerbuan makin intensif dengan munculnya suara dari tiga ledakan. Setiap ledakan itu memiliki jeda 20 menit,” demikian laporan dari media Filipina, GMA, Jumat (8/3/2013).

Sementara itu, media Malaysia The Star memberitakan bahwa nasib Putera Mahkota Sulu Raja Muda Agbimuddin Kiram yang ada di Sabah masih belum diketahui. Operasi Daulat yang dilakukan oleh Militer dan Polisi Malaysia akan terus dilanjutkan hingga para loyalis Sultan Sulu itu pergi dari Sabah.

Aparat keamanan Malaysia sangat yakin, kelompok militan Sulu itu bersembunyi di Kampung Tanduo dan Tanjung Batu. Sejauh ini, konflik di Sabah juga sudah menewaskan 60 orang.

Dari 60 orang itu, 52 orang adalah militan Sulu dan delapan orang lainnya adalah polisi Malaysia. 10 orang warga juga ditangkap dalam operasi penyerbuan itu.

Filipina akhirnya mendesak Negeri Jiran agar mengizinkan relawan-relawan masuk ke wilayah Sabah. Filipina khawatir, warganya yang saat ini berada di Sabah menjadi korban konflik berdarah itu.

“Kami meminta agar relawan kemanusiaan kami diperbolehkan masuk. Kami ingin mengunjungi warga Filipina yang ditangkap dan merawat luka-luka mereka,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Filipina Raul Hernandez.

suprapto

Read Previous

Yatim Mustafa : 95 Persen Kelulusan Ujian Nasional se-Kepulauan Riau

Read Next

Konflik Sabah : Perebutan Sabah Sudah Di Persiapkan Sultan Sulu Sejak 1970