BPMD Akan Gelar Lomba Inovasi TTG

Tanjungpinang, Isukepri.com – Badan Pemberdayaan Masyaratkat dan Desa (BPMD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dalam rangka memotivasi masyarakat menciptakan alat Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk mendukung pengolahan hasil-hasil produksi unggulan Desa/ Kelurahan, mengadakan Lomba Inovasi TTG Se-Kepri.

Kepala BPMD Provinsi Kepri, Buralimar mengatakan, lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Se-Kepri, digelar pada tanggal 18 hingga 20 Juni 2013 di Ramayana Mall, Jalan Wiratno Tanjungpinang. Dan Lomba Inovasi TTG ini untuk mengadu kreatifitas, meningkatkan ekonomi produktivitas masyarakat Kepri.

“Kegiatan ini untuk memotovasi masyarakat mencipatkan alat TTG yang bisa dimanfaatkan dengan mudah, efektif, efesien dengan biaya yang murah serta terjangkau. Kemudian, ajang ini diperuntukkan kepada perorangan, kelompok, organisasi masyarakat, pelajar, Mahasiswa, Akademisi yang berdomisili di Kepri,” kata Buralimar, Sabtu (11/5).

Selain itu, menurutnya, ajang ini bertujuan untuk pemulihan ekonomi, meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif masyarakat, memperluas lapangan kerja dan usaha serta meningkatkan produktivitas dan mutu produksi.

Mudah-mudahan, harapnya, hasil dari kegiatan ini dapat menunjang pengembangan wilayah melalui penemuan TTG berbasis potensi daerah menuju keunggulan kompetitif dalam persaingan lokal, regional, dan global.

“Melalui kegiatan ini, pemerintah berharap dapat memasyarakatkan teknologi dan metode untuk menumbuhkan budaya entrepreneur,” ujarnya.

Sementara pada tahun sebelumnya, katanya, peserta meningkat pada tahun ke tahunnya. “Antusias masyarakat juga sangat merespon dengan ajang ini pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun lalu diadakan di Batam,” ujarnya.

Kemudian pemenang pada ajang ini, sambung dia, untuk juara satu, dua dan tiga, selain mendapatkan hadiah uang tunai beserta piala dari Gubernur Provinsi Kepri, juga akan diikutsertakan mewakili Provinsi Kepri dalam ajang TTG tingkat Nasional yang ke-XV tahun 2013, digelar di Padang Provinsi Sumatra Barat. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat mengirim atau mengantar langsung dokumen usulan TTG yang akan dilombakan ke BPMD Provinsi Kepri di Jalan Di Panjaitan Km 8 Tanjungpinang.

“Paling lambat tanggal 13 Juni 2013, karena formulir pendaftaran terbatas,” kata Buralimar. (Rizal)

Alpian Tanjung

Read Previous

Jalan Rusak, Banyak Pengendara Jadi Korban

Read Next

Pemprov Sosialisasi Bahaya HIV/ AIDS Kepada Pelajar