Walikota Tanjungpinang Buka MTQ ke VII 2013

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmasyah, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VII Tingkat Kota Tanjungpinang, Minggu (19/5) bertempat di Halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang (Kantor Lama Walikota Tanjungpinang) Jalan H. Agus Salim-Tepi Laut. Pembukaan MTQ itu juga cukup meriah dengan bernuansa islamiyah.

Acara tersebut dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang, Sekda Kota Tanjungpinang, Para Kepala SKPD, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Kepala Depag dan Kakanwil Kepri, Forum koordinasi pimpinan daerah, Kepala Lembaga Adat Melayu, Tokoh masyarakat, alim ulama, cerdik pandai, Ketua RT dan RW, Pengurus Masjid dan Musholla, serta Ibu-ibu Majelis Ta’lim.

Banyak warga Tanjungpinang yang berdatangan untuk menghadiri acara Musabaqah Tilawatil Qur”‘an (MTQ) VII dalam rangka acara tahunan yang diadakan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Ada pun acara tersebut, peserta-peserta dari Kafilah dan Qori QoriiahTanjungpinang Timur, Kafilah Tanjungpinang Barat, Kafilah Kota Tanjungpinang, dan Kafilah Kecamatan Bukit Bestari. Acara MTQ tersebut selama 5 hari dari mulai pembukaan tanggal 19-23 Maret 2013.

Darmansyah dalam sambutanya mengatakan, Al Qur’an adalah Kallam Allah yang diturunkan sebagai mukjizat kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi umat manusia agar memperoleh kebahagian, baik di dunia maupun di akhirat.

Kemudian Al Qur”‘an adalah kalam Allah Yang Maha Kuasa, Pencipta segala sesuatu dari ketiadaan. Dialah Tuhan yang ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Dengan MTQ ini nanti, bisa menumbuhkan rasa cinta kepada AlQur”‘an sebagai pedoman dan langkah dalam kehidupan di dunia dan akhirat. “Alquran merupakan ispirasi kita, sebagai sumber ilmu, dan islam itu damai dan mempersatukan umat manusia,” katanya.

MTQ didirikan oleh Nadatul Ulama Indonesia pada tahun 1940. Saya berharap mudah-mudahan dengan keseukseskan MTQ ini, bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. an kedepanya Tanjungpinang bisa menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi,” ujarnya.

Adapun cabang lomba yang dipertandingkan dalam MTQ ini, yaitu MTQ tilawah golongan tartil, MTQ tilawah golongan anak-anak, fahmil quran, khattil quran masing-masing untuk putra dan putri. Kemudian hifzil golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz untuk putra dan putri dan terakhir yaitu tapsir bahasa arab. Kemudiam acara pembukaan MTQ tersebut di tandai dengan pemukulan Beduk oleh Walikota Tanjungpinang dan juga disertai penyerahan piala bergilir dari Walikota Tanjungpinang, yang tahun lalu 2012 dimenangi oleh Kecamatan Bukit Bestari. (Rizal)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pelajar Bawa Senjata Terjaring Razia Penertiban Gelandangan

Read Next

Kenalkan Museum Lewat Lomba Melukis