Disperindag: Kenaikan BBM Akan Berdampak Terhadap Konsumen

Tanjungpinang,IsuKepri.com – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Tanjungpinang, Drs Wan Kamar, terkait rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Pemerintah, akan langsung berdampak terhadap konsumen dan pedagang.

“Seperti harga barang yang dijual pedagang dipasar, secara tak langsung nanti akan naik dan juga berpengaruh terhadap konsumen yang membeli. Begitu juga dengan transportasi, pokok jangan sampai terjadi gejolak nantinya,” kata Wan Kamar kemarin.

Jika kenaikan harga BBM tersebut terjadi, kata dia, dampak yang akan timbul yaitu akan mengakibatkan efek berantai terhadap harga kebutuhan pokok rakyat.

“Serta semakin meluasnya masalah kemiskinan, dan menimbulkan konflik sosial dalam masyarakat dan diperparah lagi dengan masalah pengangguran diperkirakan akan bertambah akibat kenaikan harga barang dan juga biaya transportasi,” ujarnya.

Terkait berita media sebelumnya untuk mengatasi kegerahan masyarakat tentang kenaikan harga BBM, Sebelumnya keputusan pemerintah tersebut untuk menaikkan harga bahan bakar minyak, merupakan langkah tepat untuk mengurangi beban subsidi. Kebijakan untuk menaikkan harga BBM  dijamin tidak akan menimbulkan inflasi yang berlebihan.

Meskipun harga BBM naik namun pemerintah masih akan melindungi kepentingan rakyat miskin termasuk membangun infrastruktur dan menanggulangi kemiskinan di berbagai daerah Indonesia.

Menurut pemerintah, subsidi yang terlalu besar tidak akan membuat sektor fiskal aman. Oleh karena itu pemerintah akan mengambil langkah-langkah maju seperti pengurangan. Dengan cara itu, diharapkan kondisi ekonomi dan sektor riil di Indonesia menjadi lebih baik. (Rizal)

Alpian Tanjung

Read Previous

Warga Minta Stok Darah Terpenuhui Untuk Pasien

Read Next

Ratusan Warga Hentikan Truk Angkutan Bauksit Cori