Lis: PIK Bentuk Kepedulian Terhadap Remaja

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmasyah SH membuka Pelatihan Pusat Informasi Konseling (PIK), melalui Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPPA & KB).  Pelatihan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap remaja Kota Tanjungpinang, yang dilaksanakan di Hotel Bintan Plaza, Rabu (26/6).

Pembukaan PIK tersebut, seiring dengan masa transisi remaja mempunyai permasalahan yang kompleks dan menonjol di kalangan remaja saat ini. Hal itu berdasarkan peneitian para ahli. Ada tiga poin, diantaranya seksualitas (kehamilan yang tidak diinginkan dan aborsi), HIV dan AIDS dan penyalahan Napza.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, jangan hanya seremonial dan formalitas saja, bertanya sepuasnya kepada nasarumber yang memang didatangkan langsung dari BKKBN Pusat dan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau,” kata Lis.

Pelatihan ini sangat perlu karena, sambung dia, merupakan satu kegiatan program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, dengan melaksanakan wadah PIK bagi remaja.

Selain itu juga, Lis berharap kepada remaja agar dapat mengontrol diri, karena salah satu ciri remaja tegar adalah remaja yang berperilaku sehat, juga menghindari 3 poin tersebut.

Selain itu, Kepala BPPPA dan KB, Ahmad Yani menyampaikan, adapun untuk jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah sekitar 250 orang, yang terdiri dari Mahasiswa, Siswa/ siswi, SMP, SMA, dan SMK yang ada di Kota Tanjungpinang.

Sementara, tujuan pelaksanaan ini, katanya, untuk mengembangkan kegiatan – kegiatan sesuai dengan karakteristik dinamika dan kebutuhan remaja serta menyediakan pelayanan PIK remaja yang terpisah dengan pelayanan orang dewasa, serta menyediakan pelayanan lain disamping pelayanan program penyiapan kehidupan berkeluarga remaja susuai kebutuhan remaja dan kegiatan-kegiatan pendukung lainnya. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Hujan Turun, Asap Tebal Berkurang di Tanjungpinang

Read Next

Wali Kota dan PKK Tinjau Sunatan Massal