Ansar Minta Doakan APBD Besar

Bintan, IsuKepri.com – Pada saat mengadakan safari Ramadan di Desa Bintan Bekapur Kecamatan Teluk Bintan, Bupati Bintan, Ansar Ahmad meminta masyarakat mendoakan agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bintan pada masa mendatang nilainya lebih besar. Sehingga, dana daerah bisa dialokasikan untuk pemberdayaan masyarakat secara langsung lebih besar dibandingkan saat ini.

APBD kita saat ini masih kecil, masih berkisar Rp800 miliar. Untuk kebutuhan pembangunan, jauh masih kurang. Meski kecil, pemerintah tetap berupaya memperhatikan aspek-aspek sosial seperti guru ngaji, pembangunan tempat ibadah sampai kepada urusan penyelenggara orang meninggal. Biar insentif itu besar, doakan agar APBD kita besar pada tahun mendatang, ujar Ansar Ahmad di sela-sela safari Ramadan di Desa Bintan Bekapur, Kamis (18/7) malam kemarin.

Untuk saat ini, Ansar menyebutkan, pemerintah baru mampu memberikan santunan bagi guru TPA/TPQ senilai Rp1,4 juta per tahun. Sedangkan untuk imam dan penjaga masjid, hanya senilai Rp1,2 juta. Sama halnya dengan petugas fardlu kifayah, sebesar Rp1,2 juta per tahun per orang. Jika dilihat dari uang, nilai santunan itu sangat kecil. Namun masyarakat jangan memandang materi. Tapi mesti menjalani tugas dengan keikhlasan demi meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Apalagi saat ini sedang menjalankan ibadah puasa.

Saya berharap agar masyarakat tetap mengedepankan nilai kesederhanaan menjelang Idul Fitri ini. Lebih baik kita simpan sebagian rezeki untuk pendidikan anak maupun persiapan kesehatan keluarga kita, tambah Ansar.

Pada saat safari Ramadan di Bintan Bekapur, Bupati Bintan Ansar Ahmad dan Wabup Khazalik serta Sekda Bintan Lamidi menyerahkan honor 45 guru TPA/TPQ senilai Rp81 juta bantuan untuk 28 iman dan 28 penjaga masjid, bantuan 35 petugas fardu kifayah, bantuan operasional 27 TPQ/TPA dan bantuan pembangunan 5 masjid.

Total bantuan yang diserahkan saat safari Ramadan di Bintan Bekapur sebesar Rp400,2 juta, sebut Khazalik, Wakil Bupati Bintan usai penyerahan bantuan.

Selain penyerahan bantuan dari Pemkab Bintan, kegiatan safari Ramadhan juga disejalankan dengan penyerahan santunan sosial dari zuriat (keturunan) Megat Nazri asal Malaysia. Megat Nazri menyerahkan bantuan uang kepada 120 kepala keluarga, 26 pasang pakaian bagi keluarga kurang mampu. Sedangkan zuriat Megat Roslan asal Singapura menyerahkan santunan 80 paket bantuan kepada keluarga kurang mampu.

Usai salat tarawih berjamaah, tausia agama disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Bintan, Erizal Abdullah mengenai 6 perkara yang selalu dilupakan manusia menurut Imam Gazali, sebut Asy Syukri. (TP)

suprapto

Read Previous

Jelang Lebaran Harga Ayam dan Daging Akan Naik

Read Next

Polres Akan Gelar Perkara Korupsi Pengadaan Lahan