Jamsostek Kurang Disosialisasikan ke Nelayan

Bintan, IsuKepri.com – Masih minimnya nelayan memahami pentingnya akan sebuah asuransi seperti jaminan sosial untuk melindungi nelayan, hal itu dikarenakan kurangnya pensosialisasian. Sehingga, mengakibatkan para nelayan enggan mendaftarkan diri pada Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) tersebut.

Pengusaha penampungan ikan Kijang, Salikin menuturkan, Jamsostek ini sebenarnya sangat bermanfaat buat melindungi nelayan. Namun, sayangnya masih kurang disosialisasikan kepada nelayan sehingga masih banyak yang tidak faham tentang manfaat dari mengikuti program tersebut.

“Kita sudah memberitahu kepada nelayan yang menjual ikan ke kita, jawabnya hanya ia. Tapi sampai saat ini tidak semua yang ikut Jamsostek itu,” ujar Salikin Jum”‘at (19/7) di Kijang.

Salikin menambahkan, nelayan yang menjual ikan kepadanya bukan karyawannya. Mereka punya kapal dan anak buah sendiri, jadi hal itu menjadi tanggungjawab tekongnya untuk mendaftarkan ke Jamsostek.

“Kita hanya penampung ikan, tapi sudah kita sampaikan pentingnya Jamsostek itu. Tinggal mereka saja yang mau atau tidak mendaftarkan sebagai peserta Jamsostek,” imbuhnya. (RAMDAN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Nelayan Bintan Masih Banyak Belum Didaftarkan Asuransi

Read Next

Pedagang Pasar Barek Motor Protes Pengelola