KPU Sosialisasikan Pemilu Kepada Pemilih Pemula

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula di sekolah – sekolah. Sosialisasi tersebut, merupakan upaya peningkatan partisipasi pemilih pemula dalam pemilihan umum legislatif 2014.

Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, untuk beberapa hari kedepan, KPU melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula di sekolah tingkat SMA di Tanjungpinang. Dalam hal itu, pihaknya berupaya untuk meningkatkan pemilih yang berawal dari pemilih pemula.

“Sebagai tahap awal, kami yang terbagi dalam dua tim melakukan sosialisasi kepada siswa/ siswi ke SMAN 2 Tanjungpinang dan SMAN 6 Tanjungpinang. Mereka (siswa,red) kebanyakan tidak tahu dan mereka juga mempunyai hak untuk memilih,” kata Robby usai melakukan sosialisasi di SMA 2 Tanjungpinang, Selasa (16/7).

Robby mengutarakan, dalam memberikan sosialisasi terhadap pemilih pemula, juga memberikan penjelasan betapa pentingnya ikut menyumbangkan suara dalam pemilu.

“Satu suara sangatlah penting untuk menentukan perjalan bangsa. Kita akan memberikan masukan dan penjelasan seputar pemilu sehingga para pemilih pemula bersemangat untuk menyumbangkan suaranya,” ucapnya.

Dalam memberikan penjelasan tersebut, antusias siswa sangat tinggi, karena banyak keingintahuan siswa yang dilontarkan dengan pertanyaan – pertanyaan kepada KPU. Misalnya, tentang golongan putih (golput) atau pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya.

“Jelas untuk golput atau tidak memilih sangat dirugikan, tetapi itu sah – sah saja. Maka, kami dalam hal ini berupaya menekan golput tersebut. Yang terpenting gunakan hak pilih, jauhi golput,” ujar Robby.

Menurut dia, jumlah pemilih pemula di Tanjungpinang mencapai diatas 2000 orang saat ini. Hal itu, membuat KPU Tanjungpinang berusaha maksimalkan dan menggait pemilih pemula pada siswa sekolah yang khususnya telah berusia 17 tahun.

Kegiatan sosialisasi tersebut, akan berlangsung hingga Jumat (19/7) mendatang, untuk ke sekolah – sekolah. “Kedepannya, kami juga akan berkunjung ke SMAN 1,3,4,5 dan SMKN 1,2,3 serta beberapa sekolah lagi, untuk melakukan sosialisasi pemilih pemula,” kata Robby. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Tersangka Korupsi Dana RTLH Karimun Segera Disidang

Read Next

Kapal Tenggelam di Karimun, Satu ABK Hilang