Daerah Terpilih Kurikulum 2013 Lantaran Dekat Bandara

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Tiga daerah di Provinsi Kepulauan Riau yang terpilih melaksanakan kurikulum 2013 yakni, Kota Tanjungpinang, Batam dan Bintan, lantaran daerah tersebut dekat dengan bandara.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Atmadinata mengatakan, itu syarat yang diintruksikan oleh kementrian langsung, bahwa sekolah – sekolah yang diajukan untuk melaksanakan kurikulum 2013 harus berjarak maksimal 5 jam dari bandara.

Kita diintruksikan seperti itu, hal ini karena agar pengiriman buku – buku pembelajaran dari pusat ke daerah tidak terhambat seperti kejadian Ujian Nasional (UN) pada 11 kota terhambat ikut ujian karena soal terlambat datang, itu dikarenakan letaknya jauh dari bandara. Dengan intruksi tersebut makanya kami sepakat memilih 3 wilayah itu, karena paling dekat dengan bandara, ujar Atmadinata, saat di temui IsuKepri.com di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (17/8).

Selain itu, pria yang akrab disapa Atma ini, mengakui bahwa sekolah yang dipilih memanglah sekolah favorit dan telah teruji prestasinya. Hal ini dikatakannya sebagai jalan untuk memudahkan siswa dan sekolah menjalankan kurikulum tersebut.

Kurikulum 2013 diterapkan pada kelas 1 dan 4 SD, kelas 7 atau kelas 1 SMP, dan kelas 10 atau kelas 1 SMA/ SMK. Mengingat Kurikulum 2013 baru diterapkan pada tahun ajaran sekarang, pelaksanaannya tidak disemua sekolah. Bagi sekolah yang tidak terpilih melaksanakan Kurikulum 2013, masih menggunakan KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan),” tutur Atma. (HABIBI)

Alpian Tanjung

Read Previous

Atasi Ketobe Saat Berjilbab

Read Next

Sekdako: Dana Guru Swasta Sudah Bisa Dicairkan