Kehamilan Tak Kunjung Tiba, Cek Kualitas Sperma

Entertainment, IsuKepri.com – Banyak faktor yang menyebabkan pasangan menikah belum memperoleh momongan. Sebagian dari mereka berfikir bahwa setelah malam pertama maka akan mendapatkan momongan segera.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pasangan belum memperoleh momongan, walaupun telah melakukan hubungan intim. Salah satunya terkait kualitas sperma yang menurun saat berhubungan intim. Stephen Gordon, konsultan urologi dan Russel Davis, ahli hipnoterapi, memberi sejumlah masukan bagaimana meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma pada pria.

Pertama, masalah suhu atau temperatur. Penis semestinya tidak boleh berada dalam temperatur yang terlalu tinggi. Produksi sperma bisa menurun jika ini terus terjadi. Dianjurkan untuk tidak membuat penis di atas suhu 37 derajat Celcius.

Kedua, sebaiknya pria juga tidak mengendarai sepeda dengan jarak jauh, dan beri saran agar si dia tidak mengantongi ponsel di kantong celana bagian depan.

Ketiga, perhatikan apa yang dikonsumsi. Siapa bilang diet hanya untuk wanita, memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh pasangan juga menentukan. Menurut Stephen, makanan yang dikonsumsi oleh seseorang akan berpengaruh besar pada tubuh, termasuk sperma buat pria. Disarankan untuk konsumsi jus buah delima atau sumber antioksidan lain untuk meningkatkan kualitas sperma.

Keempat, gaya hidup. Merokok, minum alkohol, dan konsumsi obat-obatan juga akan membuat kualitas sperma terganggu. Jika ingin meningkatkan fertilitas, pria harus menghindari dan menahan diri dari kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Kelima, berolahraga. Tubuh yang fit dan sehat luar dalam akan membuat kualitas sperma menjadi lebih baik. Si dia tak perlu ke gym setiap hari, tapi bagaimana mengatur waktu agar bisa setidaknya 20 menit latihan rutin dalam sehari, minimal tiga kali seminggu. Jika sudah demikian, tinggal ditambahi dengan suplemen.

Keenam, angan berhubungan seks berlebihan. Banyak pasangan menyangka, jika ingin hamil harus sering melakukan hubungan seks. Padahal menurut Stephen, sperma akan hidup dalam tubuh wanita selama 24 jam, dan bisa jadi lebih lama. Setelah satu kali ejakulasi, dalam 24 jam, maka kualitas sperma yang berikutnya tidak sebagus yang pertama.

Terakhir, tetap berpikir positif. Jika memang sudah berusaha keras dan belum mendapatkan hasil, tetaplah berpikir positif. Beberapa pria memang ada yang mengalami masalah dengan kualitas spermanya. Ada baiknya memahami dan mencoba berbagai cara yang ditawarkan dalam teknologi kedokteran untuk mengatasi masalah tersebut.

Sumber : Sofeminine

suprapto

Read Previous

Kewenangan Besar, SKK Migas Rawan Korupsi

Read Next

HUT RI, Korem Akan Ikuti Kegiatan Pemprov Kepri