Wawako Tanjungpinang Buka Seminar Minat Baca

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.pd, membuka Seminar Minat Baca Tahun 2013 yang diadakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, di Hotel Sunrise, Selasa (27/8).

Kita ketahui, bahwa minat baca anak – anak maupun masyarakat pada saat ini semakin rendah, untuk itu, minat baca yang tumbuh dari kebiasaan membaca harus ditumbuhkan sejak masa kanak – kanak, dan sebenarnya masih dapat ditumbuhkan kembali pada orang dewasa dan orang tua. Peran penting dari orang tua dan guru sangat diutamakan untuk memberikan motivasi dan tugas – tugas belajar dalam membaca buku, ujar Syahrul dalam seminar.

Untuk itu, kata Wawako, pemerintah telah melaksanakan program minat baca antara lain pencanangan minat baca, penyediaan mobil perpustakaan keliling yang dapat menjangkau masyarakat didaerah pelosok.

Selanjutnya, penambahan jam buka pepustakaan, promosi minat baca melalui media masa, lomba pameran perpustakaan serta penyuluhan kepada orang tua tentang minat baca tersebut, ucapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Marzul Hendri mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan strategi dalam upaya minat baca para anak didik, sehingga terwujudnya anak didik yang cerdas dengan mencintai ilmu pengetahuan melalui membaca.

Seminar itu juga, diikuti oleh pengelola perpustakaan kelurahan, perpustakaan TK, perpustakaan SD, SMP, SMA, serta pengelola taman bacaan masyarakat dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang. Seminar akan dilaksanakan selama satu hari, dengan narasumber berasal dari Pejabat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI), Ketua Umum Gerakan Masyarakat Minat Baca Provinsi Kepulauan Riau Ing. Iskandarsyah dan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang.

Dalam acara itu juga, hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Dadang AG, Kepala Kantor Perpustakkan dan Arsip Provinsi Kepulauan Riau, Camat, Lurah, Kepala Sekolah SMA/ SMP/ SD/ TK se-Kota Tanjungpinang, Siswa – siswi se-Kota Tanjungpinang serta tamu undangan. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Desa Tembeling Utamakan Pembangunan Jalan

Read Next

Gedung SMP Kurang, Lis Akan Tambah