SHARE

Batam, Isukepri.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Batam, menggelar Seminar Nasional, pada Sabtu (7/9) di Bandung Resto – Batam Centre (samping My Mart). Acara yang berkerjasama dengan Kesbangpol Kemendagri RI dan Human Institute tersebut berlangsung dengan lancar dan mengundang antusias para mahasiswa dan pelajar se-Kota Batam.

Seminar itu juga, bertema Memperkuat Peran Pemerintah Dan Masyarakat Untuk Menjaga Wilayah Perbatasan Bertujuan untuk menumbuh kembangkan rasa nasionalisme para mahasiswa untuk lebih mencintai Indonesia dan menjaga perbatasan Kepri.

“Pemberdayaan itu perlu dan penting di wilayah perbatasan, demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera,” ujar Rudin Damanik Kesbangpol Kemendagri RI dalam pelaksanaan seminar tersebut.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Umum HMI Cabang Batam, Muhammad Yunus menyampaikan, bahwa Kepulauan Riau memiliki 19 pulau terluar yang harus di jaga, dan dibangun serta mengembangkan potensi – potensi yang ada di perbatasan.

“Jika pulau terluar itu tidak di jaga, bisa diambil oleh negara tetangga. Selain itu, pulau terluar perpotensi menjadi objek kegiatan jalur ilegal loging, ilegal traficking, ilegal trading dan ilegal fishing,” ucap Yunus.

Masih kata Yunus, untuk itu masyarakat, pemerintah, dan mahasiswa diharapkan dapat menanamkan rasa nasionalisme guna menjaga pulau terluar yang ada Kepulauan Riau.

“Selain itu, kerjasama pemerintah, masyarakat dan mahasiswa juga diharapkan, agar daerah perbatasan menjadi sebuah daerah yang berpenghuni, dan memperoleh pendidikan serta pengamanan,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Pelaksana kegiatan, Agus Wirabowo mengatakan, seminar yang dilaksanakan ini untuk menagih peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga wilayah perbatasan.

“Baik dari dalam, maupun dari luar. Bahkan menjaga budaya, sosial dan ekonomi yang masuk di wilayah ini,” ujar Agus yang juga menjabat Kabid PTKP HMI Cabang Batam.

Selain itu, kata dia, dengan tidak adanya pemerataan pembangunan, juga menjadi salah satu poin yang harus di selesaikan.

“Sekali lagi, kami Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Batam mengajak pihak pemerintah dan masyarakat untuk menjadi garda terdepan guna mempertahankan pulau terluar di Kepulauan Riau dari ancaman – ancaman Darat, Laut, maupun Udara dari negara lain,” katanya. (CR01)

NO COMMENTS