Wabup Bintan Ikuti Manasik Haji

Bintan, IsuKepri.com – Sebanyak 77 orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Bintan diberikan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Bintan di Aula Kantor Bintan Buyu, Senin (2/9).

Bimbingan diberikan sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci pekan depan. Kegiatan ini juga diikuti Wakil Bupati Bintan, Khazalik bersama istri, Nur Sa’adah.

Bimbingan manasik haji disejalankan dengan pengukuhan Keluarga Sakinah, Kantor Urusan Agama (KUA) Teladan dan Penyuluh Agama. Acara ini dibuka secara resmi Bupati Bintan H Ansar Ahmad.

Pada saat bimbingan manasik tersebut H Ansar Ahmad menyerahkan bantuan pakaian seragam dan perangkat ibadah kepada Khazalik serta jamaah asal Kabupaten Bintan lainnya.

Bimbingan dan penyerahan bantuan itu dihadiri Sekda Bintan H Lamidi, Kepala Kanwil Kemenag Kepri Handarlin Umar, Kepala Kemenag Bintan Erizal Abdullah, Ketua PKK Dewi Kumalasari Ansar dan sejumlah pimpinan SKPD.
JCH asal Bintan yang bakal berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2013 ini sebanyak 77 orang, terdiri 45 orang laki-laki dan 32 orang perempuan.

JCH Bintan tertua saat ini memasuki usia 68 tahun atas nama Yasmah. Sedangkan JCH termuda atas nama Eli, berusia 33 tahun. Dari 77 orang JCH, 38 orang berasal dari Kecamatan Bintan Timur, sudah termasuk Khazalik dan Nur Sa’adah.
Sedangkan dari Kecamatan Bintan Utara terdapat 23 Orang JCH, Kecamatan Toapaya 2 orang, Kecamatan Gunung Kijang 8 orang, Teluk Bintan 1 orang dan 4 JCH asal Kecamatan Tambelan.

Seperti tahun sebelumnya, Pemkab Bintan mengalokasikan anggaran sekitar Rp500 juta untuk bantuan kebutuhan transportasi lokal bagi JCH, biaya kesehatan, obat-obatan, biaya manasik haji, biaya dokter dan paramedis.
Bantuan itu ditanggung pemerintah sebagai bentuk kepedulian terhadap jamaah yang sedang menjalankan ibadah haji. Bantuan diberikan secara simbolis kepada Wabup Bintan, Khazalik dan perwakilan JCH sekaligus penyerahan bendera petaka Kabupaten Bintan.

Ansar Ahmad menyampaikan, JCH asal Bintan akan menuju Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (10/9) pekan depan. Sehari kemudian, jamaah langsung menuju Madinah dengan kelompok terbang (kloter) pertama dan gelombang I.

Perjalanan haji itu sebagai perjalanan suci yang mesti disertai dengan niat ikhlas dan suci. Semoga JCH asal Bintan menjadi haji yang mabrur. Sebelum melaksanakan ibadah haji, JCH harus dibekali dengan pengetahuan tentang ibadah haji melalui manasik.

Selama bimbingan manasik, JCH diberikan penjelasan dan pengetahuan haji, bacaan dan nasehat agar menjalankan ibadah haji berjalan dengan baik.

Jamaah haji yang muda diharapkan selalu membantu yang tua-tua, jaga kesehatan dan kekompakan antar sesama jamaah. Jaga nama baik daerah, bangsa dan negara melalui sikap ramah, sopan, taat dan patuh selama melaksanakan haji. Selama ini Indonesia terkenal dengan jamaah haji yang tertib dan sopan, sebut Ansar.

Di sela-sela pembukaan bimbingan manasik haji, Pemkab Bintan mengumumkan dan menyerahkan penghargaan bagi pemenang lomba pemilihan keluarga sakinah.

Pemenang lomba keluarga sakinah diraih oleh keluarga Ali Bazar asal Bintan Utara disusul keluarga Muhadi asal Gunung Kijang, dan keluarga Sukimin asal Teluk Sebong. Pemenang pertama akan menjadi duta untuk penilaian lomba keluarga sakinah tingkat Provinsi Kepri.

Sedangkan untuk pemilihan KUA teladan dan penyuluh Agama 2013 diraih oleh Fadlis asal Bintan Timur disusul Taufik asal Teluk Sebong dan M Riski Wan dari Bintan Utara (TP)

suprapto

Read Previous

Ansar Serahkan Puluhan Kendaraan Operasional Secara Simbolis

Read Next

Perhelatan Tamadun Melayu Disambut Baik Menko Kesra