Pemko Tanjungpinang Gelar Seminar Motif Batik

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Tanjungpinang menggelar seminar motif batik di Aula Lantai III Kantor Wali Kota, Senggarang, pada Selasa (29/10). Pelaksanaan seminar itu, untuk mengasilkan suatu motif batik berciri khas Melayu Kota Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, menagatakan, batik merupakan ciri khas Nasional, dan ciri khas Indonesia yang berkembang di setiap daerah.

Motif batik adalah salah satu budaya menumbuh kembangkan kearifan lokal budaya melayu, baik secara unsur budaya, sejarah, maupun kearifan lokal lainnya untuk dapat diaplikasikan menjadi suatu motif batik yang dapat diterima masyarakat, ujar Lis.

Akan hal itu, Wali Kota mengharapkan, narasumber dan peserta dapat memberikan masukan – masukan yang bisa memperkaya khasanah nilai – nilai budaya dalam bentuk batik.

Semoga, dengan adanya seminar ini, akan melahirkan motif – motif batik yang menjadi ciri khas budaya Kota Tanjungpinang, selain batik Gong – Gong yang selama ini telah menjadi simbol bagi Kota Tanjungpinang, ucap Lis.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Tanjungpinang, Drs. Wan Kamar mengatakan, seminar yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk menghasilkan suatu karya motif batik yang unik, khas dan mengandung nilai ke daerahan yang dapat dijadikan salah satu kekayaan motif bagi Kota Tanjungpinang dan Nusantara.

Sementara, peserta pada seminar motif batik ini berjumlah 100 orang terdiri dari, Wali Kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, SKPD, Camat, Lurah, Kepala Sekolah SMP dan SMA, Lembaga Adat Melayu (LAM) serta tokoh masyarakat dan dilaksanakan selama satu hari, ucapnya.

Sedangkan, kata dia, narasumber dalam seminar tersebut berasal dari Dirjen IKM Wilayah I Industri Kerajinan dan Sandang Kementrian Perindustrian RI, Encik Amrun Salmon seorang praktisi batik.

Dalam seminar itu juga, turut hadir Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, H. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Ketua GOW Juariah Syahrul dan Majelis Ulama Indonesia Kota Tanjungpinang. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Suyatno Buka Pelatihan Sadar Wisata

Read Next

Lima Serikat Pekerja Minta PHI Pindah ke Batam