Tim Penertiban Amankan Ratusan Alat Ilegal Mining

Bintan, IsuKepri.com – Tim terpadu penertiban tambang ilegal Pemkab Bintan, mengamankan ratusan alat berat yang digunakan untuk mengeruk bauksit yang berada dibeberapa lokasi, baik itu di darat dan di laut. Hal itu didapati selama melakukan razia belum lama ini.

“Selama razia, sebanyak 100 alat – alat yang digunakan untuk menambang bauksit ilegal sudah kita amankan,” ujar PPNS Bintan, Iwan, Selasa (1/10).

Dia mengatakan, dalam sidak itu juga didapati 11 titik lokasi tambang illegal, diantarnya yang sudah diamankan di wilayah Sei Enam, Batu Licin, Bunut, Koyang, Malin, Malin Kecil, Pulau Buton.

“Diantara alat berat yang kita amankan adalah, kobelco, eskalator, boldoser, dan lain – lain,” kata Penyidik Pengawai Negeri Sipil (PPNS) Bintan, Iwan.

Sidak tim pengawasan pertambangan Bintan, berakhir hingga Rubu (2/10) 2013. Dari hasil sidak tersebut, titik – titik yang digarap untuk pertambangan bauksit, kondisi lingkungannya sudah rusak parah.

“Mereka (penambangan ilegal) meninggalkan bekas dan merusak lingkungan. Kondisinya cukup memprihatinkan,” tambah Iwan.

Sementara, seluruh pelaku ilegal mining melarikan diri. Mereka tidak ada di tempat. Dan meninggalkan hasil galian biji bauksit ilegal di Bintan. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bintan tidak akan memberikan dan membiarkan terjadinya tambang – tambang itu.

“Pemerintah tidak akan membiarkan tambang ilegal tersebut. Rusaknya lingkungan akan mengancam masa depan. Jika sudah rusak, anak – anak cucu kita mau makan apa,” imbuhnya. (RAMDAN)

Alpian Tanjung

Read Previous

REI Kepri Momok Dengan Pengurusan IMB

Read Next

FKPPB Gelar Dialog Kerukunan Umat Beragama