SHARE

Batam, IsuKepri.com – Himpunan Mahasiswa Prodi (Himaprodi) Kedokteran UNIBA menggelar seminar World Aids, pada Sabtu (30/11). Seminar itu juga, dengan tema “we are young, we care, and we are great with out aids”. Pelaksaan kegiatan tersebut, dalam rangka memperingati Hari Aids pada 1 Desember 2013.

Dalam seminar itu, Kepala Seketariat Komisi Penanggulangan AIDS Kota Batam, Pieter P Pureklolong memaparkan, bahwa kasus HIV AIDS di Batam terus mengalami peningkatan, yakni sejak Tahun 1992 sampai 2012 sudah mencapai 524 orang.

“Untuk Human Immuno Deficiency Virus (HIV) itu merupakan virus yang menyebabkan sisitem kekebalan tubuh kita melemah. Sedangkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) diperoleh dari sekumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh karena terinfeksi virus HIV,” ujar Pieter.

Pieter menjelaskan, jika virus HIV menyerang sel darah putih, masuk kedalam sel darah putih dan virus itu semakin banyak.

“Selain itu, virus ini terdapat pada 3 jenis cairan yang berada di dalam tubuh manusia, yaitu Darah, Cairan Kelamin, dan Air Susu Ibu,” ucapnya.

Sementara, kata Pieter, penularan virus tersebut dapat melalui tranfusi darah, penggunaan narkotika, hubungan seks, pengunaan jarum suntik yang tidak disterilkan, dan juga alat tindik (pengguna tato).

“Serta berhubungan bebas sangat dilarang, karena berganti – ganti pasangan itu sangat memudahkan virus ini menyebar,” tuturnya. (CR04)

NO COMMENTS