Ansar Tinjau Pembangunan Jembatan Kangboy

Bintan, IsuKepri.com – Bupati Bintan Ansar Ahmad meninjau jembatan kangboy dan meminta agar pembangunannya dipercepat. Jembatan Kangboy, sebagai jembatan kedua lintas barat dari total 6 jembatan yang Bintan miliki harus segera selesai dan bisa memudahkan akses lalulintas masyarakat.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Perkerjaan Umum  (PU) Juni Rianto, di Bintan, Selasa (3/12).

“Berdasarkan jawaban dari Pak Yudian, Kepala Satuan Kerja Proyek Jalan Nasional (Satker PJN) paling lama tanggal 14 Desember harus sudah bisa dilewati. Tetapi sebelum dilewati untuk umum akan digelar kenduri selamat terlebih dahulu,” kata Juni.

Perkerjaan yang belum rampung hanya tinggal pengaspalan dari salah satu jalur. Keterlambatan ini diakibatkan cuaca buruk yang akhir akhir ini datang sehingga proses pengaspalan sedikit terganggu.

Juni melanjutkan, kemungkinan pelaksanaan kenduri digelar sebelum Selasa (10/12). Sehingga usai digelar kenduri jalan langsung bisa dilewati oleh masyarakat.

“Kita harapkan sudah bisa dibuka untuk umum usai digelar kenduri, yang diperkirakan akan digelar Selasa (10/12),” jelasnya.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Bintan Luki Z Prawira mengatakan memang ada rencana untuk menggelar kenduri selamat di jembatan Kangboy, sebelum dibuka untuk umum. Namun jadwalnya belum ditentukan.

“Memang ada rencana digelar kenduri, namun sampai saat ini jadwalnya belum ditentukan,” kata Luki.

Sebelumnya Bupati Bintan Ansar Ahmad meninjau pembangunan jembatan Kangboy, Selasa (26/11) ditemui pengawas lapangan Budi dan Sam.

Ansar menanyakan kepada kedua pengawas lapangan seputar pembangunan jembatan Kangboy mulai dari kendala bahan material maupun tenaga kerja dan cuaca. Juga menanyakan kepada pengawas mengenai mulai kapan jembatan Kangboy bisa dilewati kendaraan umum.

“Kira-kira kapan warga bisa mulai menggunakan jalan ini, tidak perlu menyeberang lewat pokcay lagi?” tanya Ansar.

Ansar juga meminta para pekerja agar bekerja secara maksimal dan sungguh-sungguh. Supaya jembatan yang dikerjakan berkualitas dan kokoh. Diantaranya dalam hal pengaspalan, harus dipastikan tanah yang akan diaspal dalam kondisi padat dan compack, sehingga aspalnya tidak amblas.

“Pastikan tanahnya dalam keadaan padat dan compack, kalau tidak maksimal pemadatannya saya khawatir aspalnya sebentar saja amblas,” ujarnya.

Budi dan Sam menjawab bahwa jembatan Kangboy sudah bisa dilewati kendaraan dalam waktu satu minggu kedepan.

“Satu minggu lagi jembatan sudah bisa dilewati kendaraan. Saat ini tinggal menunggu selesainya pengaspalan,” kata Budi dan Sam.

Untuk diketahui jembatan Kangboy dengan panjang 490 meter adalah jembatan kedua jalan lintas barat Bintan.

Jalan lintas barat Bintan adalah proyek tahun jamak (multiyears) yang dimulai sejak tahun 2004 dengan anggaran dari APBN kurang lebih Rp500 miliar, yang dilaksanakan SKPJN.

Jalan dengan panjang 64 kilometer ini dihubungkan oleh 6 jembatan. Keenam jembatan itu adalah, jembatan Gesek panjang 60 meter, jembatan Kangboy 490 meter, jembatan Sei Bintan 120 meter, jembatan Anculai 470 meter, jembatan Ekang 170 meter, dan jembatan Busung sepanjang 260 meter.

Dari keenam jembatan tersebut yang sudah selesai adalah lima jembatan, yaitu jembatan Gesek, jembatan Sei Bintan, jembatan Anculai, jembatan Ekang, dan jembatan Busung. Sedangkan satu jembatan masih dalam pengerjaan yaitu jembatan Kangboy. (HK)

suprapto

Read Previous

Kominda Yogya Kunjungi Kepri

Read Next

Kedubes Amerika Kunjungi KPU Tanjungpinang