Limbah Beracun Resahkan Warga Sei Enam

Bintan, IsuKepri.com – Limbah serbuk gergaji yang diduga mengandung zat berbahaya, sangat meresahkan warga kampung Tanjungkuku Seinam, Bintan. Pasalnya, keberadaan limbah tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap dan merusak pepohonan di sekitaran pelabuhan Jeti Bauksit di Tanjungkuku.

Sudah 5 bulan ini limbah serbuk gergaji menimbulkan pencemaran udara dan lingkungan, bahkan dari limbah tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap dan merusak pertumbuhan pohon disekitaran pelabuhan Jeti Bauksit di Tanjungkuku, tempat limbah tersebut berada, kata RW III Kampung Tanjungkuku, Sei Enam, Jumadi, Selasa (3/12).

Menurutnya, limbah yang kemungkinan berasal dari luar daerah tersebut semenjak awal Desember 2013, saat ini kondisi pencemarannya semakin parah dikarenakan angin semakin kuat, sehingga dampak yang timbul dari serbuk gergaji tersebut mencapai jangkauan luas, kemungkinan limbah itu memang dari luar daerah, letaknyapun tersembunyi.

Semua itu, sambungnya terjadi pada 25 Agustus 2013 lalu, pada awalnya dilihat ada tongkang masuk membawa serbuk gergaji ke Pelabuhan Jeti Bauksit dan loading disekitaran lokasi Tanjungkuku yang pengerjaannya menggunakan alat berat perusahaan yang diketahui itu milik PT Gandasari.

“Saya bersama ketua RT awalnya sudah mempertanyakan untuk apa serbuk gergaji itu dan dari mana asal serbuk tersebut kepada sopir dumdtruck PT Gandasari, dan pertanyaan kami tidak dijawab oleh sopir tersebut,” ujarnya kepada isukepri.com.

Dari temuan tersebut, sekitar lima bulan yang lalu, pihak kelurahan, kata Jumadi, mau melapor ke BLH, tapi sayang tidak berkelanjutan. Hingga saat ini, mereka tidak ada lapor untuk survey ke lapangan atau menanyakan langsung kepada saya selaku ketua RW III di sini,” ucapnya.

Selain itu, pantauan IsuKepri.com dilapangan, limbah serbuk gergaji diletakkan ditempat yang tersembunyi dan ditutup dengan gundukan tanah. Dari limbah serbuk gergaji tersebut mengeluarkan cairan berwarna hitam, serta mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap. (RON)

Alpian Tanjung

Read Previous

Tanjungpinang Juara 1 Tenis Putra Putri Antar Pelajar

Read Next

Wawako: Tanamkan Kasih Sayang Kepada Anak