Jelang Imlek Jeruk Mandarin Laris

Tanjungpinang. IsuKepri.com – Jelang Imlek pada akhir Januari 2014, jeruk mandarin mulai habis diburu para peraya Imlek di Tanjungpinang. Bahkan, jeruk yang didatangkan dari luar Indonesia ini sempat mengalami kelangkaan beberapa hari.

“Rata – rata pembeli dari warga chinese. Bahkan beberapa hari kemarin, jeruk mandarin ini sempat kosong,” kata pedagang buah, Is, Selasa (28/1).

Menurutnya, harga buah tersebut bervariasi, sekitaran Rp25 ribu per kilo, bahkan bisa lebih.

“Begitu juga jeruk mandarin yang besar. Intinya tergantung pedagangnya yang menjual,” paparnya.

Selain banyaknya peminat, tambanya, kelangkaan jeruk tersebut juga dikarenakan faktor cuaca.

“Info ini kita dapat dari agen, katanya angin kencang. Sebab itu kapal dilarang bawa muatan banyak,” imbuhnya.

Selain itu, bedasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, kondisi cuaca memang perlu diwaspadai dan kemungkinan terus berlanjut sampai awal Februari 2014 mendatang.

“Kondisi cenderung berawan, namun hujan belum turun karena angin cukup kuat. Untuk angin permukaan, mencai 7 – 34 km/ jam,” kata Prakirawan Cuaca BMKG Tanjungpinang, Ardhito.

Lalu sambungnya, di perairan Anambas dan Natuna maksimal gelombang mencapai 1, 5 – 2,5 meter yang sebelumnya sampai 5 Meter.

“Walau tinggi gelombang sudah menurun, tapi angin utara yang bertiup sekarang ini perlu diantisipasi,” paparnya. (SAUD MC)

Alpian Tanjung

Read Previous

Tim PMKS Dibubarkan Dinsos Kepri

Read Next

Bintan Serius Persiapkan Qori-qoriah MTQ Tingkat Provinsi