KPU Akan Ganti Petugas PPS Yang Berhenti

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, akan mengganti petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah mengajukan surat pengunduran diri atau menyatakan berhenti sebagai petugas PPS di kelurahan.

Kalau petugas PPS tersebut berhenti, tentu kita cari penggantinya. Saat ini, baru satu PPS yang menyatakan mengundurkan diri ke KPU,” ujar Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria, Ahad (5/1) kepada IsuKepri.com.

Robby mengatakan, petugas PPS yang mengundurkan diri tersebut adalah petugas PPS di Kelurahan Tanjungunggat, Kecamatan Bukit Bestari.

Hal itu juga, kita meminta pihak Kelurahan Tanjungunggat untuk mengusulkan pengganti petugas PPS yang berhenti tersebut. Karena, semua petugas PPS itu diusulkan oleh masing – masing kelurahan, katanya.

Petugas PPS yang berhenti itu juga, kata dia, disinyalir lantaran honor yang diterima petugas PPS tidak memadai. Menurut Robby, honor untuk seluruh petugas PPS itu, merupakan anggaran dari KPU Pusat.

Honor untuk ketua PPS sebesar Rp500 ribu per bulan, dan untuk anggota Rp450 ribu, dan itu hanya untuk honor saja. Selain itu, di luar honor para petugas PPS juga mendapatkan dana transportasi, tuturnya.

Robby mengutarakan, jika petugas PPS membandingkan dengan honor yang diterima ketika pelaksana Pemilihan Wali Kota (Pilwako) sebelumnya, tentu hal itu beda. Karena, pelaksanaan Pilwako tersebut ada anggaran dari APBD Kota Tanjungpinang.

Sedangkan, pelaksanaan pileg pada April 2014 mendatang menggunakan anggaran APBN. Intinya, honor untuk PPS saat ini memang segitu nilainya dari KPU Pusat, ujarnya.

Selain itu, kata Robby, Surat Keputusan (SK) untuk seluruh petugas PPS se Kota Tanjungpinang diperpanjang dari Januari hingga September 2014 mendatang, yaitu hingga pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Sedangkan, permintaan petugas PPS untuk penambahan honor tersebut, kami tidak bisa menentukan. Kalau Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang kemungkinan ada penambahan, karena mengunakan APBD, katanya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

PPS Akan Berhenti Lantaran Honor Tak Memadai

Read Next

Warga Bukit Galang Mohon Dukungan Pembangunan Masjid