Mahasiswa Kundur Gelar Baksos di Pantai Ketapang

Kundur, Isukepri.com – Setelah memasuki libur kuliah semester ganjil, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kundur (HIMK) Kota Tanjungpinang mengelar bakti sosial (baksos) membersihkan area pantai Ketapang Desa Kundur pada Selasa (18/2).

Mereka yang memanfaaatkan waktu libur semesternya dikampung halaman (Kundur) sengaja melakukan pengabdian tersebut bersama-sama masyarakat pantai Ketapang.

Adi Kurniawan selaku koordinator lapangan pada baksos mengatakan kegiatan tersebut merupakan rentetan kegiatan yang memang sebelumnya sudah direncanakan. Ari mengaku seminggu sebelum diadakan baksos, HIMK juga sudah melakukan sosialisasi perguruan tinggi ke SMA/sederajat se-Kundur.

“Minggu lalu kami sudah ke beberapa Sekolah dengan agenda sosialisasi perguruan tinggi. Kini giliran baksos membersihkan pantai, semuanya adalah bentuk kepedulian mahasiswa Kundur kepada lingkungan dan permasalahan-permasalahan yang ada didaerah,” kata Ari.

Ari juga mengungkapkan menjaga dan melestarikan lingkungan adalah tugas kita bersama demi terciptanya Kundur yang bersih.

“Melestarikan pantai sebagai objek wisata masyarakat kundur adalah tugas dan tanggungjawab kita bersama, semua itu kami lakukan agar keindahan alam Kundur tetap terjaga dengan baik,” lanjutnya.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 13:30 WIB tersebut juga disambut baik oleh masyarakat setempat, terbukti dari antusias masyarakat yang ikut bersama-sama membersihkan area pantai.

Buyung selaku Ketua RT Desa Kundur mengapresiasi baksos yang digelar HIMK kota Tanjungpinang. Buyung berharap, baksos tersebut nantinya mampu membuat masyarakat setempat sadar dan peduli akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar.

“Pertama, terima kasih kepada mahasiswa HIMK Tanjungpinang yang sudah bersedia mengunjungi dan membersihkan area pantai ketapang hingga bersih. Kedua, saya berharap kegiatan ini bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Semoga ini bisa membuat masyarakat lebih peduli pada alam,” terang Buyung diakhir pelaksanaan baksos tersebut.

Seperti yang diketahui, pantai Ketapang merupakan salah satu pantai yang indah dan nyaman di Kundur, namun sayangnya keindahan tersebut tertutupi dengan banyaknya sampah-sampah yang bertumpukkan disepanjang pantai. Menurut masyarakat setempat, sampah-sampah tersebut merupakan sampah kiriman dari daerah seberang. Disisi lain, kesibukan masyarakat setempat juga membuat pantai Ketapang kurang terawat, ditambah lagi dengan perhatian pemerintah yang juga masih minim. Padahal kondisi alam pantai Ketapang dinilai sangat mendukung jika dijadikan sebagai objek wisata. Kehadiran pohon-pohon Ketapang yang tumbuh disekitar pantai membuat pantai ketapang memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri. (IWAN)

suprapto

Read Previous

Liga Champions Eropa 2013-2014 : Manchester City vs Barcelona

Read Next

Banyak Pengendara Langgar Lampu Lalulintas Km 12