SHARE

Bintan, Isukepri.com – Bupati Bintan H. Ansar Ahmad, Jumat (21/3) memberikan kuliah umum mengenai FTZ kepada ratusan mahasiswa Universitas Karimun (UK) di Tanjungbalai Karimun. Tema FTZ selalu menjadi pilihan Ansar dalam pertemuan diskusi bersama mahasiswa dibeberapa Pertguruan Tinggi yang dia kunjungi.

Ansar mengatakan, dibeberapa negara maju FTZ selalu diterapkan untuk memajukan ekonominya dalam upaya mempercepat ekonomi. Untuk melakukan itu, kata Ansar, biasanya suatu negara akan melahirkan kebijakan-kebijakan khusus seperti FTZ.

“Begitu juga pemerintah kabupaten Bintan, kami secara bertahap akan terus melakukan upaya-upaya ke arah itu. Pertama seperti aturan-aturan yang terkait pendukung penyelengaraan FTZ dan masih ada kebijakan – kebijakan pusat yang harus di senergikan untuk kepentinggan FTZ kedepan,” kata Ansar dalam penyampaiannya dihadapan mahasiswa

Masih kata Ansar, mahasiswa perlu mendapat pemahaman tentang FTZ karena FTZ memberikan peluang dan tantangan yang cukup besar dalam penguatan ekonomi daerah. Upaya untuk mendukung perkembangan FTZ di Batam Bintan dan Karimun, pemerintah harus segera menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan oleh para investor, baik infrastruktur dasar maupun yang lainnya seperti listrik, jalan, air, telkomunikasi, supporting industrial seperti tempat-tempat suku cadang dan sarana perdukung pelayanan perizinan investasi yang memandai.

“Topik FTZ adalah topik pembahasan baru dalam pemerintahan kita, meskipun sudah ada beberapa negara yang menerapkannya. Namun bagi kita, FTZ adalah barang baru dan sangat memerlukan input-input dari mahasiswa sebagai kaum intelektual,” kata Ansar.

Antusias mahasiswa dalam diskusi FTZ juga tampak baik, meskipun masih awam bagi mereka. Ansar berharap diskusi ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa seputar FTZ. “Mereka harus tahu kenapa Pemerintah memberlakukan FTZ dan apa nilai tambah bagi masyarakat kedepan,” kata Ansar.

Kuliah Umum FTZ dipimpin langsung oleh Rektor UK, Abdul Latif selaku moderator pada acara. (hum)

NO COMMENTS