SHARE

Tanjungpinang, Isukepri.com – Setelah 83 kafilah dan official Bintan yang diberangkatkan pada Selasa (18/3) lalu, kini giliran 517 kafilah dan offical Kabupaen Bintan diberangkatkan pada kloter ke-2, Rabu (19/3).

Keberangkatan dibagi atas 2 rute, yakni 238 kafilah yang diberangkatkan melalui pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang dan 279 lainnya diberangkatkan lewat pelabuhan roll on roll off (roro) ASDP Tanjunguban.

Para kafilah sebagian besar didominasi oleh santri-santri Qur’an Center Tanjunguban, sementara officialnya berasal dari SKPD, Camat, beserta tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Ismail mengatakan selain memberangkatkan kafilah dan official, juga menyertakan puluhan kendaraan guna menunjang kebutuhan transportasi selama di Karimun. Kendaraan tersebut diangkut dengan kapal roro melalui pelabuhan ASDP Tanjunguban.

“Untuk menunjang kebutuhan transportasi selama di Karimun, kita menyertakan puluhan kendaraan, diangkut dengan kapal roro melalui pelabuhan ASDP Tanjunguban,” kata Ismail, kemarin.

Bupati Bintan H Ansar Ahmad berharap, para kafilah MTQ asal Bintan dapat menampilkan performance terbaik. Bisa menunjukkan mentalitas dan kemampuan prima, sehingga memberikan kesan Bintan sebagai pusat munculnya qari/qariah berbakat di Kepri.

“Yang lebih penting kepada kafilah Bintan adalah tampil prima dan tunjukkan performance terbaik. Mentalitas sebagai modal dari para kafilah, semoga Bintan menjadi percontohan dalam menelurkan bibit unggul qari/qariah di Kepri,” kata Ansar.

Harapan yang sama disampaikan Wakil Bupati Bintan H Khazalik, agar kafilah Bintan menjadi percontohan dan menunujukkan mentalitas prima. Dengan mentalitas prima maka performance mereka akan memuaskan.

“Mentalitas para qari/qariah Bintan harus terus dijaga dalam kondisi prima. Karena persoalan mental adalah persolan utama. Dari sisi kemampua teknis tidak perlu diragukan lagi, karena mereka sudah menjuarai MTQ Kabupaten Bintan,” kata Khazalik.

Sedangkan Sekretaris Daerah Lamidi, sebelumnya mengatakan Pemerintah Kabupaten Bintan terus meningkatkan pembinaan qari/qariah dan mencetak mereka agar menjadi qari/qariah profesional dengan mendirikan Qur’an Center di Tanjunguban.

“Kita akan mendirikan satu lagi Qur’an Center di Kijang, Bintan Timur, untuk mencetak qari/qariah profesional dari wilayah timur Kabupaten Bintan seperti dari Tambelan, Bintan Pesisir, Mantang, Bintan Timur, juga Gunungkijang,” kata Lamidi. (hum)

NO COMMENTS