Lis : Linmas Sangat Berperan Dalam Pelaksanaan Pemilu

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH memimpin apel siaga Linmas yang disejalankan dengan HUT Satpol PP ke – 64 dan HUT Linmas ke – 52 Tahun 2014, Senin (10/3), di lapangan Pamedan A.Yani.

Usai apel, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan bagi anggota Linmas dalam persiapan untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2014 melalui tugas pokok dan fungsinya.

Wali Kota mengatakan, Linmas sangat berperan dalam pelaksanaan pemilu 2014 mendatang. Sementara, anggota Linmas bekerja bukan berdasarkan tubuh yang kekar atau memiliki keahlian bela diri. Namun Linmas bekerja sesuai dengan ketentuan perundang – undangan yang berlaku untuk memberikan rasa aman dan nyaman di lingkungan TPS – nya selama berlangsungnya Pemilu.

Saat bertugas nanti, anggota Linmas jangan menunjukkan sikap arogansi, tapi anggota Linmas memiliki peran strategis sebagai petugas yang bisa melihat dan memahami situasi dan kondisi di lingkungannya agar jangan sampai disusupi oleh pihak – pihak yang ingin mengacaukan jalannya pemilu dengan berbuat curang, kata Lis.

Wali Kota juga berpesan dihadapan para peserta, sebagai anggota Satlinmas harus mengetahui tugas dan wewenangnya, berkoordinasi dengan aparat keamanan, serta menjaga netralitas saat bertugas.

Selain itu, anggota Linmas tidak mengesampingkan hak politik yang dimiliki selaku warga Negara Indonesia, anggota Satlinmas juga harus tetap menjaga stabilitas di lingkungan TPS – nya, ucap Lis.

Selain itu, kegiatan yang diikuti oleh 900 personil Satlinmas Kota Tanjungpinang yang terbagi dalam 4 kecamatan dengan 385 TPS, 18 PPS dan 4 PPK tersebut, juga diikuti oleh 54 personil Satpol PP Kota Tanjungpinang.

Dalam laporannya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Tanjungpinang, Surjadi menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut berlangsung selama dua hari yang dimulai pada 10 – 11 Maret 2014 di lapangan Pamedan A. Yani.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan komunikasi dan koordinasi bagi anggota Satlinmas. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan bersikap tanggap, cepat dan tepat dalam menangani tugas – tugas perlindungan masyarakat sesuai dengan standar prosedur operasional pada saat penyelenggaraan Pemilu 2014, ucapnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Tentara Singapura Duduki Pulau Batu Putih Bintan

Read Next

30 Siswa SMK se – Tanjungpinang Ikuti LKS Tahun 2014