SHARE

Bintan, Isukepri.com – Penampilan 875 kafilah Kabupaten Bintan pada pawai ta’aruf MTQ Provinsi Kepri di Sasana MTQ Provinsi Kepri, di Coastal Area, Karimun, Kamis (20/3) dengan menampilkan tarian Makyong khas Bintan yang berasal dari pulau Mantang berhasil memukau ribuan penonton dan peserta MTQ lainnya.

Tarian dengan menggunakan topeng ini diiringi oleh drum band Satpol PP Bintan. Tak hanya itu, penampilan dilanjutkan dengan joget dangkung dan disusul dengan penampilan unik ondel-ondel khas melayu.

Berikutnya penampilan unik dan sangat menarik perhatian warga adalah pertunjukan sepeda setinggi 5 meter dua unit, diiringi dengan sepeda ontel/dayung, sepeda tua sebanyak 40 unit yang dikendarai grup sepeda unta Bintan Timur.

Pada pawai taaruf ini Sekretaris Daerah Lamidi turut menjadi peserta bersama Kepala SKPD, Camat, tokoh masyarakat diantaranya Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Bintan M Saleh Ahmad.

Bupati Bintan H Ansar Ahmad, Ketua TP PKK Bintan Hj Dewi Kumalasari Ansar, Kory Lamidi, menyambut kafilah Bintan dan melambaikan tangan. Tidak henti-hentinya Ansar bertepuktangan memberikan semangat kepada kafilah.

“Penampilan makyong salah satu kebanggaan Bintan,” kata Ansar.

Pawai Ta‘aruf MTQ ke-5 tingkat provinsi Kepri dimulai dari garis start di area panggung rakyat, Kemuning Coastal Area dan Finish di rumah kediaman bupati Karimun. Pawai diikuti 7 kabupaten/kota dibuka oleh Wakil Gubernur Kepri, HM Soerya Respationo. Masing-masing kabupaten/kota yang ikut serta dalam kesempatan ini, kabupaten Anambas 712 orang, Batam 600 orang, Natuna 260 orang, Tanjungpinang 633 orang. Kab. Bintan 875 orang, Lingga 827 orang, Karimun 17. 733 peserta, Natuna 267.Total peserta yang ikut dalam pawai ta‘aruf ini semuanya, 22.686 org. (hum)

NO COMMENTS