Kurikulum 2013 Harus Didukung Berbagai Pihak

Batam, IsuKepri.com – Keberhasilaan pelaksanaan kurikulum 2013 tidak bisa dilaksanakan oleh satu pihak saja, melainkan harus didukung berbagai pihak mulai dari pemerintah, pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan pihak – pihak lainnya yang terkait.

Guna mencapai keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013 untuk tahun 2014, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, melakukan sosialisasi dan pemanpatan implementasi percepatan pelaksanaan Kurikulum 2013. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Yatim Mustafa di saat membuka Workshop Percapatan Implementasi Kurikum 2013 tanggal (3-5) di Hotel Golden View Batam beberapa hari yang lalu.

Yatim mengatakan, dengan diberlakukanya kurikulum 2013 yang secara resmi telah di launching sejak sejak Juni 2013 lalu, Disdik Kepri terus berupaya melakukan penyesuian diri dengan tetap berkoordinasi bersama steakholder pendidikan.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum penyempurnaan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006, yang berorientasi kepada standar kelulusan dan standar penilaian.

“Maka dari itu Disdik Kepri melalui badan teknologi dan komunikasi pendidikan (Baltekkomdik) menyelenggarakan workshop percapatan implementasi kurikum 2013 se Kepri,” ujar Yatim.

Kegiatan workshop yang diikuti sekitar 400 peserta itu terdiri dari kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, serta kepala sekolah dan guru se Provinsi Kepri, dengan narasumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Tim pengembangan implementasi Kurikulum Puskurbuk Jakarta serta lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP) dan Kadis Pendidikan Provinsi Kepri.

Sementara, workshop yang dilaksanakan tersebut, mempunyai dua tujuan yaitu secara umum dan khusus. Secara umum, kata Yatim, untuk menyebarluaskan informasi gaung kurikulum 2013 dan memberikan keterampian penerapan kurikulum 2013 kepada kepala dinas pendidikan Kabupaten/ Kota kepala sekolah dan guru.

Sedangkan tujuan secara khusus yaitu untuk meningkatkan pengelolaan manajemen pelayanan pendidikan di sekolah dalam rangka percepatan kurikulum 2013, dan meratanya pemahaman dan penerapan kebijakan kurikulum 2013 di Provinsi Kepri. Selain itu, tujuan sebagai laporan pertanggungjawaban pihak provinsi Kepri dengan pusat tentang realisasi implementasi kurikulum 2013 di Provinsi Kepri.

“Dengan dilaksanakannya Workshop ini, diharapkan kepada jenjang satuan pendidikan di wilayah Provinsi Kepri, untuk dapat sesegera mungkin melaksanakan kebijakan kurikulum 2013 yang telah dilaunching sejak Juni 2013 tahun lalu,” kata Yatim. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pemilihan Ulang di TPS 275 Dilaksanakan 13 April

Read Next

BLH Tanjungpinang Kerja Keras Raih Adipura ke – 11