Suaib Minta KPU Lakukan Evaluasi Pelaksanaan Pemilu

Tanjungpinang, Isukepri.com – Suaib, mahasiswa UMRAH semester enam sekaligus Aktifis muda pemberani ini mengaku sangat kecewa dengan pelaksanaan pemilu 9 April beberapa waktu lalu. Menurutnya, persiapan pemilu oleh KPU sebagai panitia penyelenggaraan pemilu belum matang dan terkesan amburadul.

“Banyak ditemukan masalah dipelaksanaan pemilu, berbagai modus pelanggaran dan kecurangan mewarnai pileg kemarin. Hal ini yang harus diperhatikan KPU, KPU harus mengevaluasi pelaksanaan pemilu kemarin sehingga pelaksanaan pilpres dan pilkada yang akan datang lebih baik lagi,” kata Suaib, Sabtu (12/4) di Tanjungpinang.

Segala bentuk pelanggaran dan kecurangan pemilu, kata Suaib, harus segera diproses serta ditindak lanjuti sehingga memberikan efek jera kepada pelaku-pelaku kecurangan. Terkait kesalahan yang banyak dilakukan oleh KPPS, menurut Suaib, KPU harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia ditiap TPS.

“Masih banyak petugas TPS yang belum dan tidak memahami mekanisme pemilihan umum maupun mekanisme penghitungan suara. Jelas hal ini sangat merugikan berbagai pihak, sampai sampai ada TPS yang melakukan penghitungan ulang. Terbukti disini terlihat tidak adanya koordinasi yang baik antar KPU dan komponen dibawahnya,” lanjutnya.

Begitu juga dengan sosialisasinya, masih kata Suaib, KPU juga harus gencar menggandeng seluruh Stakeholder yang ada untuk melakukan sosialisasi kemasyarakat. “Kalau perlu KPU dan KPPS libatkan mahasiswa,” tegasnya lagi.

“KPU jangan melakukan sosialisasi yang sifatnya hanya bisa dipahami oleh kelompok pendidik, percuma. KPU harus turun langsung ke tengah-tengah masyarakat,” tutup Suaib. (IWAN)

suprapto

Read Previous

Banyak Pelanggaran Pemilu, Paloh Sebut Bawaslu Impoten

Read Next

Tabrak Lari, Mahasiswi Harapan Bunda Meninggal Ditempat