Wali Kota Kunjungi Korban Puting Beliung di Madong

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH mengunjungi warga Kampung Baru Madong darat Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota yang terkena musibah bencana puting beliung, pada Selasa (22/4) siang sekitar pukul 13.30 WIB. Akibat bencana itu, sedikitnya merusak 6 rumah warga.

Dalam kunjungan itu juga, Wali Kota didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang, Agustiawarman, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Dimyath, Camat Tanjungpinang Kota, R. Kholidin, Lurah Kampung Bugis, Ridwan Budo, serta pejabat terkait lainnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tanjungpinang, Agustiawarman mengatakan, kedatangan Wali Kota beserta rombongan adalah untuk mengestimasi besarnya kerugian yang dialami para korban.

Dari hasil pantauan dilapangan, dilaporkan ada 6 rumah di RT 3 RW 5 Kampung Baru Madong darat yang terkena amukan puting beliung dengan kerusakan bervariasi, kata Agustiawarman.

Ia menyampaikan, kerusakan yang dialami antara lain atap rumah yang lepas, serta warung dan kandang ayam yang rusak. Sedangkan, kerusakan terparah dialami oleh korban Nurhamisah. Sebagian atap rumahnya lepas terbawa puting beliung dan terjatuh disamping rumahnya.

Selain air hujan yang masuk kedalam rumah dan menyebabkan banjir, harta benda Nurhamisah pun turut menjadi korban, diantaranya seperangkat pesawat televisi yang rusak, paparnya.

Sementara, pada saat kejadian, korban Nurhamisah sedang berdoa usai menunaikan sholat. Janda beranak 4 tersebut sontak terkejut saat melihat puting beliung tiba – tiba membawa pergi sebagian atap rumahnya.

Agustiawarman mengatakan, Kota Tanjungpinang memiliki potensi terjadinya puting beliung, terlebih untuk wilayah – wilayah pesisir seperti Teluk Keriting dan Penyengat.

Oleh karena itu, Agus berpesan kepada seluruh masyarakat pesisir pada khususnya agar tidak berada didalam rumah saat terjadinya puting beliung, terlebih bila bangunan rumah tidak permanen.

Selain itu, jangan berlindung dibawah pohon karena pohon dapat dengan mudah terangkat angin puting beliung, ucapnya.

Dilokasi kejadian, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, prihatin sembari memberikan semangat kepada Nurhamisah agar tetap tegar dalam menghadapi cobaan.

Ibu tenang saja, kita akan bantu memperbaiki rumah Ibu. Ibu tinggal terima bersih saja. Termasuk peralatan elektroniknya yang rusak. Ucap Lis kepada Nurhamisah.

Setelah estimasi dilakukan, kata Lis, pemerintah akan segera mengucurkan dana bantuan sesuai dengan kerugian yang dialami oleh korban. Selain bantuan secara materil, pemerintah juga akan membantu memperbaiki rumah yang rusak hingga bisa kembali dihuni.

Bencana puting beliung memang kerap terjadi di Kota Tanjungpinang, mengingat kondisi geografisnya yang berupa daerah kepulauan, katanya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

KPU : Ada Partai Tidak Peroleh Kursi DPRD Tanjungpinang

Read Next

Atletico Madrid dan Chelsea Berbagi Angka