Wawako Buka Festival Pramuka

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd membuka Festival Pramuka yang digelar oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Tanjungpinang Barat, pada Minggu (20/4) di lapangan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang. Pelaksanaan festival itu juga, diikuti oleh seluruh Gugus Depan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak Se-Kwarran Tanjungpinang Barat.

Sedangkan, pembukaan festival tersebut ditandai dengan pemukulan Gong. Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, yang juga Ketua Kwartir Cabang mengatakan, kegiatan yang dilakukan tersebut menunjukan suatu tekad kebersamaan seluruh aparatur pemerintah.

Dalam hal ini adalah Kwarcab dan Kwarran Kota Tanjungpinang, yang telah menggairahkan gerakan pramuka di Kota Tanjungpinang, ucap Syahrul.

Untuk diketahui, kata Syahrul, Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan sebagaimana diatur dalam Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang gerakan pramuka.

Gerakan Pramuka sebagai wadah penyelenggaraan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang membangun dunia yang lebih baik, berkarakter dan bertaqwa, paparnya.

Untuk itu, Syahrul berharap, agar di masing – masing gugus depan lebih giat lagi melaksanakan kegiatan pramuka, hendaknya melibatkan siaga dan penggalang serta kepada kepala sekolah dan guru serta jajaran pengurus gerakan pramuka, untuk dapat menghimbau siswa – siswinya agar mengikuti kegiatan kepramukaan, dan mohon menjadikan kegiatan pramuka ini sebagai kegiatan ekstrakulikuler yang utama disekolah.

Hal ini menjadi modal bagi kita semua, agar Gerakan Pramuka dapat kembali bergairah di Kota Tanjungpinang maupun di Provinsi Kepulauan Riau, ucapnya.

Syahrul mengatakan, dalam menggerakan kegiatan gerakan pramuka, tentunya perlu kontribusi yang positif di masyarakat, sehingga masyarakat dapat memberikan dorongan dan apresiasi besar terhadap gerakan pramuka di Kota Tanjungpinang.

Sementara, Festival Pramuka itu juga disejalankan dengan peresmian Sekretariat Kwarran Tanjungpinang Barat dan pelantikan PAW Dewan Kerja Ranting masa bakti 2012 – 2015. Usai membuka acara tersebut, Wakil Wali Kota Tanjungpinang meninjau Kantor Sekretariat Kwarran, pameran foto dan stand bazaar.

Acara itu juga, dimeriahkan lagi dengan penampilan parade semaphore oleh pramuka siaga dan penggalang, serta penampilan drum band SMA Negeri I Tanjungpinang. Dalam acara itu, turut hadir Camat Tanjungpinang Barat, Kepala Sekolah, Ka. Kwarran Tanjungpinang Barat, jajaran pengurus Gerakan Pramuka serta adik – adik pramuka siaga dan penggalang se-Kwarran Tanjungpinang Barat. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Suradji Minta DKPP Daerah Harus Lebih Proaktif

Read Next

200 Peserta Ikuti Workshop Pengembangan Pendidikan Inklus