Batam Kembali Juara Umum Popda ke V di Bintan

Bintan, Isukepri.com – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri, Riono menyampaikan, Kota Batam kembali meraih juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke V Provinsi Kepri tahun 2014 yang digelar sejak 18 – 25 Mei 2014 di Kabupaten Bintan. Sebelumnya, di Popda ke IV Provinsi Kepri, Kota Batam juga meraih juara umum.

Juara umum yang diraih Kota Batam, dilihat dari perolehan medali yang diperebutkan dari total medali yang ada, yakni 87 emas, 89 perak, dan 114 perunggu, kata Riono, Sabtu (24/5).

Dalam hal itu, Kota Batam meraih medali emas sebanyak 33, perak 20 dan 16 perunggu. Sedangkan posisi kedua diraih oleh Kota Tanjungpinang, dengan perolehan medali emas sebanyak 24, 17 perak dan 17 perunggu. Posisi ketiga Kabupten Bintan, 12 emas 14 perak 29 perunggu.

Kemudian, disusul Kabupaten Karimun, dengan perolehan medali emas sebanyak 10, 17 perak dan 17 perunggu. Posisi ke lima yaitu Kabupaten Lingga, 6 emas 17 perak dan 24 perunggu. Posisi ke enam yaitu Kabupeten Natuna, 2 emas 4 perak dan 11 perunggu. Dan posisi ke tujuh Kabupaten Anambas tidak membawa pulang medali sama sekali.

Tentu menjadi catatan tersendiri bagi sejarah olahraga Popda khususnya bagi Kota Batam, karena juga berhasil mempertahankan juara umum yang ketiga kalinya. Sehingga, pemerintah dalam hal ini Dispora Kepri harus merelakan piala bergilir dan mulai tahun ini berhak dimiliki sepenuhnya oleh atlit Popda Kota Batam.

Riono mengatakan, atlit yang menjuarai Popda kali ini rencananya kembali akan disiapkan untuk mengikuti Popwil di Jambi pada November 2014 mendatang dan Pon Remaja di Surabaya yang juga dilaksanakan pada November 2014 mendatang.

“Tahap awal, kita lakukan training center (TC) dulu, persiapan matang kita semoga target juara umum bisa tercapai,” kata Riono.

Riono menambahkan, pada dua tahun yang akan datang, pelaksanaan Popda ke VI, rencananya sudah ditetapkan dan akan dilaksanakan di Kota Batam. “Dua tahun mendatang, Popda akan dilaksanakan di Kota Batam,” ujar Riono. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Satu Narapidana Kabur Dari Lapas Narkotika

Read Next

Koordinasi Pembangunan dan Pengelolaan Kapal Inkamina Tahun 2010 – 2013