Dinkes Kepri Sediakan Posko Pelayanan Kesehatan Mudik

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, menyediakan posko pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang mudik jelang lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah. Hal itu juga, untuk mengatasi adanya keluhan kesehatan dari para pemudik.

“Untuk mengatasi permasalahan kesehatan bagi pemudik, kita (Dinkes Kepri) akan menyiagakan tenaga medis di posko pengamanan arus mudik di setiap pelabuhan, bandara dan terminal. Kita juga sudah berkoordinasi kepada kantor kesehatan di seluruh pelabuhan di Kepri,” kata Kepala Dinkes Kepri, Tjepjep, Kamis (24/7).

Dikatakannya, pelayanan kesehatan untuk pemudik dan kesiapan yang dilakukan di setiap pelabuhan tersebut, merupakan dibawah naungan Menteri Kesehatan (Menkes) dan bekerja sama dengan daerah.

Untuk itu, ia mengimbau, bagi masyarakat yang hendak mudik lebaran, apabila mengalami keluhan sebelum berangkat, agar memeriksakan diri di posko yang telah disapkan.

Kemudian, katanya, bila keluhan kesehatan atau mendadak sakit di tengah perjalanan atau di atas kapal, penumpang hendaknya segera melapor ke kapten kapal. Kapten kapal akan berkoordinasi dengan kantor kesehatan pelabuhan setempat.

“Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan pelayanan kesehatan darurat. Dengan begitu, penumpang atau pemudik cepat mendapat pertolongan kesehatan,” ujar Tjetjep.

Selain itu, kata dia, saat Hari Raya Idul Fitri, pelayanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas akan tetap buka 24 jam. Pusat pelayanan kesehatan tidak boleh mengurangi atau menutup pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Rumah sakit maupun puskesmas perawatan tidak tutup. Akan tetapi untuk puskesmas non perawatan tidak buka 24 jam, hanya melayani perobatan sesuai jam yang ditentukan,” katanya. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Wawako Tanjungpinang dan Gubernur Kepri Sidak Pasar Jelang Lebaran

Read Next

The Quick Count and The Real Count For President