Mudik, Kapten Kapal dan Pilot Jalani Tes Urine

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Memasuki mudik lebaran Tahun 2014, kapten kapal dan pilot pesawat yang hendak membawa penumpang berangkat dari Tanjungpinang, menjalani tes urine yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Kota (BNK) Tanjungpinang, dan bekerjasama dengan Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Tanjungpinang, Sabtu (26/7).

Pelaksanaan tes urine itu juga dilakukan di dua lokasi yang berbeda. Tes urine pertama dilaksanakan untuk para pilot di Bandara Raja Haji Fisabililah (RHF) sekitar pukul 06.00 WIB, dan lokasi kedua di Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Dwita Kumu menyampaikan, tes urine yang dilakukan terhadap kapten kapal beserta ABK dan Pilot pesawat tersebut, agar dapat menjamin keselamatan dalam pelayaran dan penerbangan bagi para penumpangnya.

“Hal ini juga, guna mengantisipasi ABK kapal dan awak pesawat yang mengkonsumsi narkoba sebelum berangkat,” ucap AKBP Dwita.

Kapolres mengutarakan, pada tes itu juga, sebanyak 51 orang yang menjalani tes urine di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

“Untuk sementara ini, belum ada yang ditemukan positif mengkonsumsi narkoba. Begitu juga pemeriksaan terhadap 21 orang awak pesawat dan pilot di Bandara RHF Tanjungpinang,” paparnya.

Akan hal itu, Dwita berharap, tidak ada petugas yang positif pada pelasanaan tes urine tersebut. Sebab, jika positif, hal itu beresiko dan terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan.

“Namun, apabila ditemukan positif mengkonsumsi narkoba, maka kita dan BNK Tanjungpinang akan melarang yang bersangkutan untuk berlayar atau menerbangkan pesawat,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, yang bersangkutan akan menjalani proses hukum nantinya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Ansar Ajak Jamaah Sayangi Kedua Orang Tua

Read Next

Dua Hari Jelang Lebaran Toko Pakaian Dipadati Masyarakat