198 JCH Tanjungpinang Akan Diberangkatkan Pada 31 Agustus

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebanyak 198 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Tanjungpinang, akan berangkat menuju Batam pada 31 Agustus 2014 mendatang.

Dari 198 orang JCH itu juga, 2 diantaranya termasuk petugas pendamping yang akan mengurus segala keperluan jamaah selama berada di tanah suci Mekkah, ucap Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Tanjungpinang, Muhammad Nasir, Kamis (28/8).

Ia merincikan, 198 jamaah calon haji Kota Tanjungpinang tersebut, diantaranya 86 orang laki – laki dan 112 orang perempuan dan dibagi lagi menjadi 18 regu serta 5 rombongan.

Persiapan para JCH sudah dilakukan semaksimal mungkin, karena segala kegiatan penunjang dalam rangka mempersiapkan para jamaah untuk menunaikan ibadah di tanah suci Mekkah sudah dimulai sejak Juni 2014 silam. Insyaallah, semua jamaah Kota Tanjungpinang siap lahir bathin untuk menunaikan ibadah haji disana, termasuk pelayanan kesehatannya, ujar Nasir.

Sementara, 198 JCH Kota Tanjungpinang tersebut, dilepas oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah di Aula Asrama Haji Tanjungpinang.

Pada kesempatan itu juga, Lis berpesan kepada para JCH agar selalu menjaga 3 hal utama dalam melaksanakan ibadah di Mekkah nantinya.

Tiga hal tersebut yaitu dapat menahan nafsu, menghindari perbuatan tercela, serta meningkatkan kesabaran. Kesabaran itu hal yang paling penting. Karena selama disana tanpa kita sadari kita selalu diuji kesabarannya melalui hal – hal yang sering kita abaikan, ucap Lis.

Selain itu, sambung Lis, harus bisa beradaptasi dengan budaya disana. Patuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab selaku tuan rumah.

Yang tak boleh dilupakan juga, selalu jaga kekompakan dan rasa kebersamaan antar sesama jamaah Kota Tanjungpinang, paparnya.

Sementara itu, prosesi pelepasan JCH menuju ke tanah suci ditandai dengan tradisi tepuk tepung tawar oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, Wakil Walikota H. Syahrul, S.Pd, Sekda Kota Drs. Riono, M.Si, serta para tokoh masyarakat yang hadir. Tepuk tepung tawar diwakili oleh 2 orang peserta sebagai peserta termuda dan tertua. Tercatat, Ahmad Sofwan sebagai jamaah termuda dengan usia 26 tahun dan Muhammad Wahab bin Wahab sebagai jamaah tertua dengan usia 79 tahun.

Lis beserta seluruh undangan yang hadir, berdoa agar para JCH Kota Tanjungpinang bisa pergi dan pulang dengan selamat sambil tak lupa menitipkan doa agar Kota Tanjungpinang tetap aman, tenteram, dan nyaman. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Jambore UKS Sukses Dilaksanakan

Read Next

Mahasiswa Tuntut Janji Kampanye Anggota DPRD Batam