SHARE

Tanjungpinang, Isukepri.com – Proklamasi adalah semangat dengan rela berjuang, berjuang dengan hakiki, tulus dan penuh idealisme dengan mengesampingkan segala kepentingan diri sendiri. Semangat Proklamasi adalah adalah semangat persatuan, kesatuan yang bulat mutlak dengan tiada mengecualikan setiap golongan dan lapisan masyarakat Republik Indonesia.

Proklamasi merupakan pernyataan bangsa Indonesia yang lepas dari penjajahan dan membentuk Negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh dan Proklamasi merupakan puncak perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Semntara makna dan tujuan mengadakan peringatan hari kemerdekaan, yaitu untuk mendoakan para pahlawan dan untuk mengenang pengorbanan mereka.

Maka dari itu untuk mendoakan para pahlawan dan untuk mengenang pengorbanan mereka,

Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar upacara peringatan detik – detik Proklamasi di halaman kantor Walikota Tanjungpinang, Minggu (17/8).

Pada upacara tersebut dilakukan pengibaran duplikat sang saka merah putih dilakukan oleh anggota paskibraka Kota Tanjungpinang dan berlangsung dengan hikmat. Dengan pembina upacara Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, serta diikuti oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, seluruh unsur FKPD Kota Tanjungpinang, Sekda Kota, Drs. Riono, M.Si, tokoh masyarakat, pelajar dan mahasiswa serta seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Selain upacara, Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk memeriahkan HUT RI, sebelumnya juga malaksanakan tradisi dari tahun ke tahun yaitu lomba gerak jalan tri lomba juang yang terdiri dari lomba gerak jalan 17 Km, 8 Km, dan 45 Km tersebut, ternyata gaungnya sudah terdengar sampai di Kota tetangga Bangka Belitungb.

Ketiga lomba Gerak jalan 17,8 dan 45 km tersebut langsug dilepas oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah sendiri pertama untuk 17 dan 45 km dilepas di terminal Sei Carang, sedangkan untuk 8 km dilepas di lapangan Pamedan Tanjungpinnang. (AFRIZAL).

Narasi dan Foto : AFRIZAL

SHARE

NO COMMENTS