Syahrul : Perpustakaan Dapat Cerdaskan Anak Bangsa

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, menggelar lomba menulis cerita pendek bagi pelajar tingkat SD/ SMP se – Kota Tanjungpinang. Lomba itu juga, resmi dibuka oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, di Gedung Serba Guna Bulang Linggi, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Selasa (26/8).

Syahrul juga menyampaikan, perpustakaan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan, kebudayaan untuk mencerdaskan serta meningkatkan kreativitas anak bangsa dalam melaksanakan pembangunan nasional.

Pertumbuhan minat baca, diharapkan dapat berlanjut dan meningkatnya minat menulis, ucapnya.

Ia mengatakan, kegiatan menulis adalah suatu kemampuan bagi pengembangan diri dan menambah wawasan. Kegiatan menulis itu juga, pada hakikatnya dapat dilatih pada diri sendiri.

Oleh sebab itu, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan pengetahuan berfikir dalam keilmuan yang kita miliki. Saya berharap, kedepan, Pemko melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, serta Dinas Pendidikan, dapat membuat suatu ivent pencanangan minat baca bagi seluruh pelajar, bila perlu dapat tercatat di record MURI, paparnya.

Selain itu, lanjut Syahrul, kepada Kepala Sekolah, dan Guru agar selalu memotivasi anak muridnya supaya senantiasa meningkatkan minat baca dan menulis.
Semoga, kegiatan ini dapat terus berkembang hingga di tingkat SMA/ SMK sederajat se – Kota Tanjungpinang, ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Marzul Hendri mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk menumbuhkembangkan minat baca para peserta didik, dan kemudian dari pengetahuan membaca dapat dituangkan dalam bentuk tulisan.

Lomba menulis cerita pendek ini, dimaksud agar dapat membentuk karakter positif anak – anak melalui membaca buku dan cerita yang bisa diteladani, menggali potensi anak, serta meningkatkan kreativitas anak, paparnya.

Sementara, peserta pada perlombaan menulis cerpen tingkat SD/ SMP se – Kota Tanjungpinang ini juga, diikuti sebanyak 90 pelajar, 45 orang tingkat SD, dan di tingkat SMP sebanyak 45 orang. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Disprarekraf Tanjungpinang Akan Gelar Goro Massal di Pulau Penyengat

Read Next

128 Sekolah Se – Tanjungpinang Ikuti Jambore UKS