Ansar: Gerakan Pramuka Garda Terdepan Pendidikan Karakter Bangsa

Batam, Isukepri.com – Gerakan pramuka merupakan garda terdepan pendidikan karakter bangsa. Hal ini diungkapkan Bupati Bintan, Ansar Ahmad saat memberikan amanat pada kegiatan ulang tahun pramuka ke-53 yang disejalankan dengan pembukaan kemah besar pramuka se-kuartir Kabupaten Bintan tingkat penggalang dan penegak di Lapangan eks Arena MTQ Teluk Bakau , Kamis (29/8).

Ansar yang juga sebagai inspektur upacara mengatakan bahwa gerakan kepanduan yang dimiliki oleh pramuka, telah mampu mencetak kader-kader terbaik bangsa.

Gerakan pramuka telah melahirkan kader-kader yang teruji, sehingga kita berkeyakinan bahwa gerakan pramuka akan mampu menyelesaikan masalah generasi muda saat ini. Gerakan pemuda harus menjadi generasi emas gerakan pemuda Indonesia, ujar Ansar.

Pada era kemerdekaan, metode kepanduan yang merupakan ruh pergerakan kepramukaan, telah memberikan andil yang besar dengan melahirkan tokoh kepanduan seperti Jendral Sudirman.

Pada kurikulum 2013, kepramukaan sudah menjadi kegiatan ekstrakulikuler wajib disetiap sekolah. Proses kegiatan dipramuka seperti kegiatan team, mengelola organisasi dan lain sebagainya adalah modal penting dalam membentuk karakter seorang pemuda, ujarnya.

Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini adalah Tingkatkan kemandirian gerakan pramuka untuk keberhasilan pembentukan karakter kaum muda. Hadir juga dalam kegiatan tersebut wakil Bupati Bintan, Khazalik, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bintan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Camat, Lurah, Pembina Pramuka, serta tokoh masyarakat.

Selain itu, Ansar juga menyampaikan akan menyiapkan lahan khusus yang dipergunakan sebagai bumi perkemahan pramuka di Tembeling.

Pemerintah telah berupaya untuk mempersiapkan lahan khusus yang representatif, yang akan dipergunakan sebagai bumi perkemahan, lokasinya terletak di Tembeling kecamatan Teluk Bintan, ujarnya.

suprapto

Read Previous

Ansar: Trekking Bintan Promosikan Keunggulan Bintan

Read Next

Dispar Kota Batam Apreasi Pelaku Pariwisata