Batam Raih Juara I Lomba Marathon 10 KM

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kota Batam berhasil meraih juara I kategori pelajar dan umum Kepri untuk putra dan putri, pada lomba lari marathon 10 KM yang dilaksanakan di Tanjungpinang, Minggu (21/9) pagi. Lomba itu juga, dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 10 Provinsi Kepri dan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

“Keempat peserta yang meraih juara 1 dari Kota Batam untuk kategori pelajar putra yakni Muhammad Irfandi dan putri bernama Astrid Leonita Purba. Sedangkan untuk kategori umum Kepri putra yaitu Guntur dan putri yaitu Anggini Luhsynta,” kata Plt pelaksa Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri, Mayfrizon, di gedung daerah Tanjungpinang.

Mayfrizon mengatakan, masing – masing kategori pelajar putra dan putri untuk juara 1 mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp5 juta. Sedangkan untuk kategori umum Kepri putra maupun putri, mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp7,5 juta.

Sedangkan, sambungnya, untuk pemenang pertama kategori umum tingkat nasional atau atlit nasional putra dan putri, diraih oleh atlit nasional putra, Jouhari Johan dari Sumatra Selatan (Sumsel) dan juara pertama putri yaitu Ferly Marince Subnafeu dari Kalimantan Timur (Kaltim), masing – masing mendapatkan hadiah uang tunai.

“Untuk juara 1 dari Sumsel atas nama Jouhari Johan dan putri Ferly Marince Subnafeu dari Kalimantan Timur (Kaltim), kita berikan masing – masing sebesar Rp13,5 juta dan juga diberikan tambahan hadiah tiket pesawat PP Tanjungpinang – Jakarta dari  Maskapai Garuda. Begitu juga kategori umum Kepri putra dan putri, juga mendapatkan tambahan hadiah yang sama yaitu tiket pesawat Garuda PP Tanjungpinang – Jakarta,” katanya.

Namun, tambah Mayfrizon, sedikit informasi yang perlu disampaikan, untuk kategori umum nasional putri pesertanya yang ikut hanya sekitar 5 orang dan 5 orang lagi tak hadir.

“Artinya, hadiah juara yang nomor 6 sampai 10 tidak bisa kita berikan, karena orangnya tak datang. Maka itu, kita kembalikan ke kas negara untuk kategori pelari umum nasional putri yang 5 orang ini,” ujarnya.

Terpisah saat ditemui media ini, salah seorang pemenang juara untuk kategori pelajar putri yang bernama Astrit Leonita Purba dari Kota Batam berusia 9 tahun dan masih duduk di bangku kelas 4 SD 005 Seibeduk Batam ini, merasa bangga dan senang bisa mendapatkan juara pertama se Kepri.

“Saya sangat senang pak, bisa meraih juara pertama dan uang yang saya dapat ini akan diberikan pada orang tua. Juara ini berkat dorongan pelatih kami,” kata Astrit.

Sementara, saat ditanyakan sudah berapa lama berlatih lari, ia mengatakan semenjak usia 8 tahun yaitu masih kelas 3 SD. “Saya mulai berlatih lari dari umur 8 tahun pak, dan hingga sekarang. Dan keinginan saya, mudah – mudahan bisa ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” katanya usai mendapat hadiah.

Begitu juga yang disampaikan juara pertama putri kategori umum Kepri yang juga diraih oleh Kota Batam, yakni Anggini Luhsynita. Ia mengaku bangga bisa mengalahkan pelari lainnya se Kepri.

“Ya sangat senanglah pak dapat juara pertama dari sekian banyak pelari lainnya. Dan saya berkeinginan untuk bisa meraih juara lagi, untuk tingkat nasional kategori umum,” kata Anggini yang masih kelas 3 SMP di Kota Batam ini.

Selain itu, penyerahan hadiah untuk pemenang tersebut, langsung diserahkan oleh Sekda Kota Tanjungpinang, Riono, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dadang, serta Kadispora Tanjungpinang, Ahadi dan Sekwan Provinsi Kepri. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Kunjungan Wisata Meningkat Tergantung Prodak Unggulan

Read Next

Dewan Minta Pemko Perhatikan Lokasi Rawan Banjir