Pegawai Kecamatan dan Kelurahan Ikut Pelatihan Juru Ukur

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Petugas pertanahan di kecamatan dan kelurahan, mengikuti pelatihan juru ukur yang dilaksanakan oleh bagian keagrarian Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang, dan diresmikan oleh Wali Kota Tanjungpinang, pada Selasa (2/9).

Kepala Bagian Keagrarian, Abu Mansyur mengatakan, tujuan dilaksanakannya pelatihan ini, agar para petugas juru ukur tanah dapat memahami tata laksana pengukuran tanah secara akurat dengan menggunakan GPS serta membuat peta lokasi.

Hal ini dimaksud agar tidak ada lagi tumpang tindih atas kepemilikan tanah. Karena, tanah sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat bukan hanya untuk tempat tinggal saja, namun juga untuk investasi, ucap Abu.

Ia mengatakan, dengan pelatihan juru ukur ini juga, sehingga dapat memberikan jaminan kepastian ukuran atas permohonan Alas Hak atas tanah dengan pengukuran yang memenuhi kaidah teknis kadastral dan kaidah yuridis yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pada kesempata itu, Walikota sendiri mengakui, sulitnya menyelesaikan permasalahan tanah sengketa dikarenakan banyaknya pemilik akan satu bidang tanah.

Hal ini, akibat lemahnya kontrol dan pengawasan para aparat, surat – surat tanah bisa begitu saja dipalsukan sehingga sebidang tanah bisa memiliki banyak Alas Hak. Kedepannya, kita akan menggunakan format baru system Secure Printing dalam menerbitkan surat – surat tanah. Tujuannya agar tidak gampang dipalsukan, papar Lis.

Sementara, kegiatan pelatihan tersebut akan berlangsung selama 3 hari dan dimulai sejak 2 – 4 September 2014 di Hotel Aston. Adapun peserta pelatihan terdiri dari para petugas juru ukur di setiap kecamatan dan kelurahan dengan total peserta sebanyak 47 orang dan menghadirkan narasumber dari Badan Informasi Geospasial dan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provinsi Kepri serta Kantor Pertanahan Kota Tanjungpinang. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

KemenPANRB : Peserta Dapat Memilih Tempat Tes CPNS

Read Next

Guru SMP dan SMA Tanjungpinang Ikut Pelatihan Kebangsaan