SHARE

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kandidat Doktor Politik Islam Universitas Muhammadiyah Yogjakarta, Suradji Muhammad menilai, ada empat figur yang layak menjadi calon Gubernur Kepri periode 2015 – 2020 mendatang.

“Diantaranya yakni Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, Bupati Bintan, Ansar Ahmad, Ismeth Abdullah dan Ahmad Dahlan,” papar Suradji kepada www.isukepri.com, Jumat (5/9).

Menurut dia, keempat figur tersebut bukan hanya memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menjadi Gubernur. Akan tetapi, mereka juga memiliki modal yang cukup.

“Seperti modal politik dan modal sosial. Modal tersebut merupakan salah satu syarat menjadi calon kepala daerah,” tuturnya.

Ia mengutarakan, bila dilihat dari modal politik, keempatnya memiliki partai politik sebagai kendaraan, jikapun tidak memiliki partai politik mereka memiliki kedekatan dengan pimpinan – pimpinan parpol.

“Modal kedua, yaitu modal sosial. Keempatnya juga memiliki basis/ massa yang cukup kuat,” ujarnya.

Menurut Suradji, Ansar Ahmad merupakan figur satu – satunya di Bintan. Soerya figur dari wong cilik, Ahmad Dahlan figur bagi masyarakat Batam yang notabenenya menjadi mayoritas pemilih di Kepri.

“Sedangkan, Ismeth Abdullah, basis massanya tersebar diseluruh pulau di Kepulauan Riau. Untuk sementara ini, baru empat figur itu yang saya lihat berpotensi menjadi Gubernur Kepri lima tahun kedepan,” ucapnya. (ALPIAN TANJUNG)

NO COMMENTS