Syahrul : Forum Anak Sebagai Wadah Partisipasi

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul membuka kegiatan Pembentukan dan Pengembangan Forum Anak tingkat Kecamatan dan Kelurahan se – Kota Tanjungpinang, di Gedung Serba Guna, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Rabu (22/10).

Dalam sambutannya, Syahrul menyampaikan, anak adalah anugrah yang diberikan oleh Allah SWT, dan sudah selayaknya anak – anak diberikan haknya, serta perlindungan.

Anak merupakan harapan begi orang tua, masyarakat dan negara, maka perlu mendapatkan pemenuhan hak, khususnya partisipasi anak dalam proses pembangunan. Oleh karena itu, forum ini merupakan wadah untuk berkumpul dan menyampaikan informasi aspirasi anak yang perlu di dengar, agar kita tahu apa saja yang menjadi keinginan dan kebutuhan anak, papar Syahrul.

Ia juga mengatakan, agar tercapainya visi pemerintah dalam menciptakan keluarga yang berakhlak mulia, perlu adanya kerjasama dan peran akif semua pihak, baik itu orang tua, pemerintah, guru, serta masyarakat untuk menanamkan iman dan akhlak mulia bagi generasi muda.

Saya mengharapkan, dengan adanya forum anak ini dapat menjembati, serta mendorong anak – anak menciptakan iklim dan suasana serta kompetif dalam pengembangan diri, sehingga anak – anak lebih aktif terlatih, bukan saja menuntut haknya, tetapi dapat menjalankan kewajibannya, serta dapat menyumbangkan pemikiran dan ikut serta dalam pembangunan, ucapnya.

Diacara itu juga, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3AKB) Kota Tanjungpinang, H. Ahmad Yani, S.Sos, MM, M, Kes mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat upaya pemenuhan hak anak untuk taraf, tumbuh berkembang dan berpartisipasi yang dapat disalurkan dalam wadah ini.

Sehingga, nantinya anak – anak yang tergabung dalam forum ini dapat dilibatkan dalam kegiatan pemerintahan, yaitu musrembang. Supaya anak – anak dapat menyampaikan pandangan, aspirasi, suara, keinginan serta kebutuhan mereka yang harus didengar oleh pemerintah dalam proses pengambilan keputusan pembangunan dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga Kota Tanjungpinang, paparnya.

Sementara, peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 230 orang yang terdiri dari Camat, Lurah, Kasi Pembangunan, LPM serta anak – anak utusan dari Kecamatan, Kelurahan, Osis, Karang Taruna, Pramuka, Remaja Masjid serta organisasi anak lainnya yang ada di Kota Tanjungpinang.

Serta turut pula hadir Ketua TP – PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Ketua GOW Kota Tanjungpinang, Juariah Syahrul, Kepala SKPD, Camat, Lurah serta perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI selaku narasumber. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Kesra Bintan Gelar Sosialisasi UU Zakat Tahun 2014

Read Next

Pelangsir Solar Kabur Saat Walikota Sidak SPBU