BPJS Masih Tunggu Data Miskin Dari Pemko Batam

Batam, IsuKepri.com – Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di Kota Batam mencapai 181 ribu yang sudah didaftarkan oleh pemerintah pusat. Namun, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) masih menuggu data masyarakat miskin dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam hingga saat ini.

“Saat ini, kita sedang menunggu masyarakat miskin yang tidak mampu lainnya yang akan didaftarkan oleh pemerintah daerah. Ini yang kita tunggu, kalau makin cepat, itu masyarakat miskin sudah teratasi, papar Kepala BPJS Cabang Batam, Fahrur Roji usai menerima kunjungan anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Jumat (21/11) petang.

Sebenarnya, menurut dia, masyarakat miskin merupakan tanggungjawab pemerintah, baik itu dari pendaftaran seperti halnya Jamkesmas.

Terpisah, anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Uba Ingan Sigalingging mengatakan, Pemerintah Kota Batam terkesan lambat dalam pendataan masyarakat miskin. Bahkan, dalam proses pendataanpun tidak tepat sasaran kriteria masyarakat miskin.

“Saya pernah menerima laporan dari warga, petugas yang mendata, masa yang punya rumah bagus dan penghasilan tetap dimasukannya sebagai masyarakat miskin,” papar Uba.

Hal yang sama juga dikatakan oleh, Fauzan anggota Komisi IV DPRD Kota Batam lainnya, bahwa BPJS yang di programkan pemerintah untuk masyarakat miskin, belum tersentuh.

“Faktanya, terbukti pelayanan rumah sakit yang ditunjuk BPJS, banyak masyarakat miskin yang di persulit administrasinya, bahkan sampai ditolak hingga pasien meninggal karena tidak medapat penanganan,” ujar Fauzan.

Menurutnya, masyarakat miskin tidak semua memiliki KTP, kadang pembuatan surat miskin itu juga susah dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Seperti halnya RT hingga kelurahan serta  kecamatan.

“Masyarakan miskin diwajibkan mendapat jaminan kesehatan, sementara program BPJS itu sendiri baik pendidikan dan kesehatan merupakan untuk masyarakat miskin,” tuturnya. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

APBD Kota Batam Tahun 2015 Sebesar Rp2,364 Triliun

Read Next

DPW BKPRMI Kepri Di Lantik