SHARE

Keberhasilan suatu pembangunan yang telah dilaksanakan, tidak akan tercapai tanpa adanya usaha kerja keras kita semua dalam mengembangkan pembangunan di bidang Kelautan dan Perikanan, Khususnya Pengembangan Industri Pengolahan Hasil Perikanan. Pengembangan Industri Pengolahan sangat penting karena merupakan salah satu langkah awal untuk membangun industri yang dapat kita harapkan menyerap tenaga kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

LPPMHP Provinsi Kepulauan Riau setiap tahunnya menghadirkan kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan wawasan untuk inspektur mutu, pada tahun sebelumnya yaitu 2013 telah dilakukan kegiatan pelatihan apresiasi inspektur mutu, dan tahun 2014 ini LPPMHP Provinsi Kepulauan Riau mengadakan kegiatan atau pelatihan HACCP Dasar untuk para calon inspektur mutu yang baru, baik inspektur mutu yang ada di perusahaan maupun calon inspektur mutu yang ada di instansi Pemerintah (Dinas Kelautan dan Perikanan Kab/Kota, LPPMHP dan Statiun Karantina). Pemahaman HACCP Dasar merupakan bekal bagi inspektur mutu dalam rangka melakukan aktivitas inspeksi terhadap Unit pengolah Ikan (UPI).

Selaku ketua pelaksana kegiatan pelatihan HACCP Dasar yaitu Kepala Seksi Pengendali Mutu Ibu Sitti Rohaida, S.Pi menjelaskan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi pengawas mutu terutama bagi para calon inspektur mutu, karena Hazard Analisis Critical Control Point atau disingkat dengan HACCP merupakan toolnya bagi pengawas mutu dalam rangka memberikan jaminan mutu terhadap produk hasil perikanan. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa akhir-akhir ini penerapan HACCP bagi Unit pengolah Ikan menjadi sesuatu yang harus dilaksanakan, penerapan HACCP di perusahaan harus dipahami secara benar terutama bagi personil yang bertanggungjawab.

Mengingat pentingnya pemahaman mengenai HACCP ini maka LPPMHP Provinsi Kepulauan Riau mengadakan kegiatan pelatihan HACCP Dasar. Adapun tujuan diadakannya pelatihan ini adalah :
1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahanan tentang GMP, SSOP dan HACCP Dasar dalam meningkatkan Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SJMKHP)
2. Memberikan pengetahuan tentang cara penyusunan prosedur GMP, SSOP dan penyusunan Manual HACCP.
3. Mampu menyusun prosedur GMP, SSOP dan Manual HACCP sehingga memudahkan perusahaan untuk mendapatkan sertifikat Penerapan HACCP.

Dengan telah dilaksanakannya kegiatan pelatihan HACCP Dasar tahun 2014 selama 4 (empat) hari yaitu dari tanggal 18 – 21 Maret 2014 yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab/Kota se Provinsi Kepulauan Riau masing – masing 1 orang, dari LPPMHP 9 (sembilan) orang, dari karantina 2 (dua) orang serta dari pelaku usaha perikanan Kab/Kota Provinsi Kepulauan Riau 2 (dua) orang, diharapkan peserta pelatihan memiliki pengetahuan, pemahaman dan mampu menerapkannya di perusahaan, sedangkan peserta pelatihan yang berasal dari instansi pemerintah diharapkan memiliki kemampuan teknis dalam rangka memastikan proses pengolahan yang benar yang dilakukan oleh pihak perusahaan melalui proses inspeksi berdasarkan konsep HACCP Dasar yang telah diberikan ini.

SHARE

NO COMMENTS