SHARE

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Guna mempertahankan sajian kuliner tradisional nusantara sebagai warisan budaya Indonesia. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Tanjungpinang mempersembahkan sebuah event kuliner untuk ke dua kalinya di Kota Tanjungpinang yang bertajuk “Festival Kuliner Nusantara“ Kota Tanjungpinang tahun 2014.

Festival Kkuliner nusantara ini, di buka oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd yang ditandai dengan pembunyian terompet, Kamis (06/11) malam. Ajang tahunan ini berlangsung selama tiga hari (6 hingga 8 November 2014) di area Pinang City Walk Tanjungpinang.

Syahrul menyampaikan, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang didalamnya terdapat keragaman cita rasa kuliner nusantara yang patut dibanggakan.

“Khususnya Kota Tanjungpinang yang memiliki berbagai variasi makanan tradisional dari berbagai daerah yang ada di Kota Tanjungpinang ini, bisa menjadi ajang promosi bagi pelaku usaha sebagai daya tarik wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Tanjungpinang. Masakan nusantara bisa menjadi destinasi, jadi orang yang datang ke Tanjungpinang salah satunya untuk kuliner,“ paparnya.

Dikatakannya, festival yang kedua ini, dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang sangat baik, mulai dari tampilan produk serta pengolahannya.

“Mudah – mudahan di Kota Tanjungpinang ini bermuculan lagi berbagai macam jenis kuliner, sehingga dapat menambah dan keragaman masakan yang menjadi cita rasa dan daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Tanjungpinang,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan, Drs. Wan Kamar, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kuliner dari berbagai daerah yang tergabung dalam paguyuban yang ada di Kota Tanjungpinang ini.

“Selain itu juga, festival ini dapat memberikan kepuasan bagi pencinta kuliner dalam mengeksplorasi keinginan mereka terhadap kekayaan kuliner nusantara,“ paparnya.

Festival kuliner nusantara 2014 ini juga, kata dia, disamping untuk melestarikan kekayaan kuliner nusantara juga menjadi wadah bagi penggiat UMKM, khususnya di bidang kuliner. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 21 peserta, yang terdiri dari unsur paguyuban yang ada di Kota Tanjungpinang.

“Festival kuliner nusantara ini, menghadirkan aneka kuliner dari industri nusantara dengan menu khas nusantara. Dari setiap stand – stand kuliner menjajakan makanan andalannya, mulai dari makanan ringan, kue – kue, serta minuman tradisonal,” ucapnya.

Sementara, dikeramaian pengunjung yang ingin menikmati jajanan nusantara pada festival tersebut, tampak Wakil Walikota bersama jajaran SKPD ikut menikmati kuliner tradisional seperti lakse, roti kirai, dan jajanan tradisional lainnya.

Melengkapi kemeriahan festival kuliner nusantara Kota Tanjungpinang, sajian hiburan dari band lokal dan celoteh anak sebauk turut menghibur para pengunjung. Dalam kegiatan itu juga turut hadir Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si, beserta istri Erssa Famella, S. Sos, Ketua GOW Kota Tanjungpinang, jajaran FKPD, SKPD serta para pelaku usaha di Kota Tanjungpinang. (ALPIAN TANJUNG)

NO COMMENTS