Syahrul Pimpin Upacara HGN dan HUT Ke – 69 PGRI

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 69 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Upacara itu juga mengangkat tema Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Startegi Guru .

Pelaksanaan upacara itu juga diawali dengan pembacaan sejarah pembentukan organisasi PGRI di Indonesia, kemudian di tetapkanlah pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional dan HUT PGRI di seluruh Indonesia.

Dengan lahirnya PGRI, segala bentuk perpecahan kelompok guru, lingkungan pekerjaan baik di daerah maupun pusat, menjadi satu dalam membangun kekuatan bersama dalam mewujudkan mutu pendidikan dan memperjuangkan profesi dan nasib guru serta tenaga pendidik yang ada di Nusantara ini, ucap Syahrul saat membacakan sambutan tertulis dari Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Dr. H. Sulistiyo, M.Pd, di Lapangan Pamedan A. Yani, Tanjungpinang, Selasa (25/11).

Ia mengatakan, wujud adanya PGRI ini dapat dijadikan sebagai salah satu organisasi profesi guru Indonesia yang menaungi dan berjuang bagi para guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam perkembangannya, PGRI telah membentuk pengurus Dewan Kehormatan Guru Indonesia (DKGI) disetiap Provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Sebagai organisasi profesi guru, PGRI telah memiliki instrumen penting sebagai bingkai mentalitas dan moralitas guru dalam bekerja yaitu dengan memiliki kode etik guru sebagai acuan untuk menuntun perilaku moral guru Indonesia ke arah yang lebih profesional, terlindungi serta bermartabat, ujar Syahrul.

Dikesempatan ini, sebagai mantan Ketua PGRI Kota Tanjungpinang, Syahrul mengharapkan kepada seluruh guru di Kota Tanjungpinang, agar terus mengabdi bagi bangsa dan Negara.

Karena kita tahu, guru telah memberikan warna dalam dunia pendidikan, dan apa yang kita saksikan saat ini adalah hasil dari apa yang telah diberikan guru selama ini kepada anak bangsa dan dunia pendidikan, katanya.

Sebagimana yang telah digariskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sampai Presiden saat ini, Joko Widodo, untuk memperbaiki akhlak budi pekerti bangsa ini.

Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh guru – guru untuk terus mendidik dan mengajar. Dalam mengajar dan mendidik, tak hanya mengajar dan mendidik saja, mendidik ini menghasilkan karakter bangsa, dan mengajar akan menghasilkan kepintaran, ucapnya.

Untuk itu, kata dia, keduanya harus dikolaborasikan serta disinergikan sehingga akan menghasilkan anak bangsa yang berkualitas.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh guru di seluruh Indonesia, dan khususnya kepada guru di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Selamat Hari Guru Nasional dan HUT Ke – 69 PGRI, semoga guru selalu jaya, ujarnya.

Sementara, usai pelaksanaan upacara, pengurus PGRI mengumumkan para pemenang lomba dan pemberian apresiasi prestasi pendidikan tahun 2014 sampena memeriahkan peringatan HGN dan HUT ke – 69 PGRI di Kota Tanjungpinang.

Untuk apresiasi prestasi pendidikan tahun 2014, kategori Guru yang mencapai target Ujian Nasional tahun ajaran 2013/ 2014 diberikan kepada Neneng Herlian, S. Pd. Ing, dari SMPN 4 Tanjungpinang, dengan nilai mata pelajaran tertinggi Bahasa Inggris.

Ditingkat SMA diberikan kepada Dra. Lindawati, AR, dari SMAN 1 Tanjungpinang, dengan nilai tertinggi di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dan untuk ditingkat SMK diberikan kepada Bambang Wiratno, S. Si, Guru SMK Pembangunan, pada mata pelajaran Matematika.

Selain itu, untuk siswa peraih nilai 10 pada UN tahun ajaran 2013/ 2014, pada mata pelajaran Matematika, di raih oleh Yorri Riandana, Siswa SDN 002 Tanjungpinang Timur. Untuk tingkat SMP, di raih oleh Lutfi Efryliano, pelajar SMPN 1 Tanjungpinang pada bidang studi Bahasa Indonesia, dan ditingkat SMK atas nama Yuki dari SMK Pembangunan pada bidang studi Matematika.

Sebelumnya, PGRI juga menyelenggarakan lomba pidato tingkat SD/ MI dan dimenangkan oleh Nursyifa Zakiyah dari SDN 001 Tanjungpinang Barat, lomba cipta puisi tingkat SMP/ MTs di menangkan oleh Siska Emilia dari SMPN 7 dan Musdalus Mizan dari SMPIT Al – Madinah, lomba paduan suara tingkat SMA/ SMK/ MA, dimenangkan oleh SMAN 2 Tanjungpinang, lomba melukis Guru tingkat TK/ RA, dimenangkan oleh Rini Muliati, S. Pd dari TK Pembina I serta lomba membuat media pembelajaran berbasis IT tingkat SD/ SMP/ MTs/ SMA/ SMK/ MA, di raih oleh Yunita, S. Si dari SMAN 1 Tanjungpinang.

Penyerahan apresiasi penghargaan serta hadiah kepada pemenang lomba itu juga, diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd.

Selain itu pada pelaksanaan upacara tersebut, diikuti oleh seluruh anggota PGRI, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Staf Ahli, Asisten, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah serta pelajar di Kota Tanjungpinang. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Saksi Sebut Uang Sitaan Rp776 Juta Diambil Jaksa Lukman

Read Next

Kejari Masih Teliti Berkas Oknum Dewan Bintan