TKI di Malaysia Capai 70 Ribu Orang Hingga 2014

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Berdasarkan data dari Konsulat Jendral RI Johor Bahru Malaysia, jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Malaysia hingga tahun 2014, diperkirakan lebih kurang 70 ribu orang.

“Jumlah TKI sekitar 70 orang tersebut, yaitu berasal dari 25 Provinsi yang ada di Indonesia. Salah satunya akan dipulangkan melalui Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Sedangkan, daerah paling banyak TKI yang akan dipulang, yaitu Jawa Timur, NTT, NTB, Aceh dan Sumatra Utara,” kata Kepala Bidang (Kabid) Yanbanjamsos Dinsosnaker Tanjungpinang, Nasrizal, Rabu (5/11).

Menurut dia, alasan mereka (TKI) masuk ke Malaysia, salah satunya dikarenakan faktor kehidupan dan ekonomi yang sangat sulit, maka itu mereka bekerja di Malaysia.

“Disana ada yang bekerja resmi dan tidak resmi serta pakai permid kerja dan ada yang tidak pakai. Bahkan, sampai mereka ada yang sudah berkelurga dan punya anak disana. Kemudian mereka yang mempunyai permid sudah mati, lalu diperpanjang kembali,” ujarnya.

Sementara, kata dia, pekerjaan mereka disana ada yang bekerja di perkebunan, restoran, buruh bangunan, pembantu rumah tangga dan lain sebagainya. (AFRIZAL)

activate javascript

Alpian Tanjung

Read Previous

Puluhan Mahasiswa Batam Tolak Kenaikan BBM

Read Next

Satpol PP Amankan Anak Punk Bawa Sajam