Peserta BPJS Kesehatan Regional II Capai 60 Persen

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sejak berdiri pada 1 Januari 2014, jumlah peserta yang telah terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan wilayah area Divisi Regional II Sumbar, Jambi, Riau dan Kepri, sudah mencapai 60 persen hingga saat ini.

“Jumlah tersebut terdiri dari sektor formal maupun informal, seperti pegawai negeri dan perusahaan swasta yang ada di wilayah Divisi regional II BPJS Kesehatan,” kata Kepala Divisi Regional II BPJS Kesehatan, Benyamin Saut SP, Jumat (26/12).

Dikatakannya, dari jumlah keseluruhan peserta 60 persen tersebut, peringkat pertama yang sudah terdaftar paling banyak yaitu dari Provinsi Kepri. Sedangkan dari Provinsi Riau, Jambi dan Sumbar masih kurang.

“Untuk di Provinsi Kepri, hampir 80 persen yang sudah mendaftar di BPJS Kesehatan, seperti Batam, Tanjungpinang dan disusul kabupaten lainnya. Sedangkan untuk posisi kedua yaitu Provinsi Riau,” ucap Benyamin.

Sementara, berbicara jumlah peserta BPJS Kesehatan di sektor formal pekerja penerima upah di wilayah Divisi Regional II BPJS Kesehatan, ada sekitar 1,9 juta peserta. Sedangkan untuk sektor informal pekerja tidak penerima upah hampir sekitar 650 ribu peserta.

“Dan kita harapkan, untuk pekerja di sektor informal pekerja tidak penerima upah maupun formal terus bertambah di wilayah divisi regional II BPJS Kesehatan,” katanya.

Peserta BPJS Kesehatan untuk perorangan atau individu, Benyamin mengharapkan, segera mendaftar sebelum terjadi sakit. Karena peraturan baru mulai 1 November 2014, peserta yang telah terdaftar bisa digunakan atau ditanggung kesehatannya setelah 7 hari terdaftar atau aktif di BPJS Kesehatan. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

17 Januari, Daftar Ulang Terakhir Lulus CPNS

Read Next

Diduga Security Lengah, RSBK Batam Dirampok